Buka Pekan Tilawatil Qur'an di Aceh, Ma'ruf Ajak Umat Amalkan Ajaran Al-Qur'an

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 15:11 WIB
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka acara Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) RRI ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022 di Aceh Tengah, Aceh. Ma'ruf mengajak umat mengamalkan ajaran Al-Qur'an.

"Bulan Ramadan adalah bulan Al-Qur'an. Karena di bulan Ramadan diturunkan, kita dianjurkan untuk banyak membaca Al-Qur'an. Karena membaca Al-Qur'an, sekalipun tidak memahami artinya, akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun membaca dengan memahami isinya justru lebih utama dan menjadi keharusan bagi umat Islam. Karena Al-Qur'an adalah merupakan petunjuk bagi seluruh manusia, dan merupakan buku panduan, manual book bagi tatanan kehidupan manusia," kata Ma'ruf di Takengon, Aceh Tengah, Rabu (13/4/2022).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka acara Pekan Tilawatil Quran (PTQ) RRI ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022 di Aceh Tengah, Aceh. Ma'ruf mengajak umat untuk mengamalkan ajaran Al-Quran.Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka acara Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) RRI ke-52 Tingkat Nasional Tahun 2022 di Aceh Tengah, Aceh (Lisye/detikcom).

Ma'ruf mengatakan, dalam menghadapi berbagai persoalan, manusia seharusnya kembali pada Al-Qur'an. Dia tidak ingin Al-Qur'an hanya menjadi jargon yang kehilangan makna.

"Dalam menghadapi segala persoalan dan tantangan, kita semua semestinya kembali pada Al-Qur'an sebagai manual book. Al-Qur'an jangan hanya menjadi jargon yang kehilangan makna. Oleh karena itu, umat Islam harus memahami isi Al-Qur'an secara utuh. Untuk memahaminya, dibutuhkan bimbingan dan tuntunan para ulama karena para ulamalah yang memiliki kemampuan tersebut," katanya.

Ma'ruf berharap Pekan Tilawatil Qur'an ini menjadi media untuk menyuburkan syiar Islam yang penuh kedamaian. Dia juga berterima kasih kepada pihak yang menyelenggarakan acara.

"Saya sampaikan apresiasi kepada RRI beserta segenap pihak yang mendukung penyelenggaraan Pekan Tilawatil Quran RRI Tingkat Nasional yang ke-52 dan saya berharap acara ini dapat menjadi media yang menyuburkan syiar Islam yang penuh kedamaian dan tidak membeda-bedakan," tutur dia.

Selain itu, Ma'ruf juga berharap generasi muda tekun membaca dan mempelajari Al-Qur'an. Ma'ruf kemudian secara resmi membuka acara.

"Musabaqah diharapkan dapat semakin mendorong dan meningkatkan perhatian umat Islam, terutama generasi muda Islam, untuk tekun membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Qur'an di tengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya, serta globalisasi dan transformasi digital dewasa ini," sebutnya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Pekan Tilawatil Qur'an RRI Tingkat Nasional ke-52 Tahun 2022 di Takengon, Aceh Tengah, Provinsi Aceh, saya nyatakan resmi dibuka," imbuhnya.