625 Personel TNI-Polri Amankan Laga Barcelona-Atletico Madrid di JIS

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 13:39 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Sebanyak 625 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan laga International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadion (JIS), Jakarta Utara. Laga IYC akan dimulai hari ini.

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara AKBP Rahmat Eko Mulyadi mengatakan sebanyak 300 anggota Polri diturunkan. Sisanya personel dari TNI dan pemerintah daerah Jakarta Utara.

"Jadi pengamanan ini gabungan dari Polri, pemerintah daerah, dan TNI. Sementara kalau di rencana pengamanan di kita mencatatnya sekitar 625 (personel)," kata Kabag Ops Polres Metro Jakarta Utara AKBP Rahmat Eko Mulyadi saat dihubungi, Rabu (13/4/2022).

"Kalau dari kita melibatkan 625, dari Polrinya sendiri 300 personel, dan dari pemerintah daerah dan TNI-nya 300 lebih. Cuma nggak tahu nanti barangkali dari Satpol PP atau dari pemda mereka punya jumlah sendiri untuk ini," sambungnya.

Eko menuturkan nantinya personel akan difokuskan untuk mengamankan sisi barat stadion.

"Sementara kita konsentrasi di titik barat. Karena itu yang paling banyak dipakai untuk akses masuk pemain. Jadi di sisi barat lebih utama. Sisi lain tetap kita tempatkan personel, tapi tidak sebanyak di sisi barat. Fokusnya ke sisi barat," kata dia.

Nantinya personel yang berjaga akan mengawal dari titik akomodasi penurunan atlet. Eko menambahkan pengamanan ini akan berlangsung sembilan hari ke depan selama laga IYC.

Diberitakan sebelumnya, turnamen IYC bakal digelar pada 13-19 April 2022. Diketahui, Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18 akan berlaga di gelaran ini. Selain itu, laga ini juga diikuti oleh Bali United U-18 dan Indonesia All Stars U-20.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap laga final nanti bakal menjadi momentum akhir dari rangkaian soft launching Jakarta International Stadium (JIS). Artinya, grand launching JIS akan dilaksanakan setelah gelaran IYC selesai.

"Final nanti akan diselenggarakan pada 19 April. Dan begitu selesai final, kita akan bersiap untuk grand launching JIS, karena saat ini baru soft launching," ujarnya.

Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) Gede Widiade turut menjelaskan kegiatan tersebut mempunyai dua tujuan. Salah satunya menginformasikan kepada dunia luar mengenai penanganan COVID-19 di Indonesia yang telah melampaui masa sulit.

"Kedua, soft launching stadion yang sangat membanggakan, stadion yang sangat bisa kita pamerkan kepada dunia luar. Hari ini pun, Michel Salgado sangat impresif, sangat bangga melihat stadion yang kita miliki," jelasnya.

Di samping itu, legenda Real Madrid sekaligus promotor tim junior Laliga (Barcelona dan Atletico) Michel Salgado juga menyambut baik jamuan makan malam tersebut. Dengan adanya JIS, dia menyatakan Indonesia siap menggelar Piala Dunia.

"Saya merasa terhormat dengan adanya turnamen ini bisa diselenggarakan di Jakarta. Saya juga berterima kasih kepada kedua tim asal Spanyol dengan upaya besarnya untuk berkunjung ke Jakarta. Kita berharap fans asal Indonesia bisa langsung menyaksikan pertandingan ini melalui siaran televisi," ungkap Salgado.

"Terima kasih atas stadion yang sangat megah dan menjadi salah satu yang sangat besar di Indonesia. Ini sangat penting untuk menunjukkan kepada FIFA Indonesia sangat siap untuk Piala Dunia," sambungnya.

Simak juga 'Jakarta International Stadium Milik Indonesia, Bukan Hanya Persija':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)