ADVERTISEMENT

UU TPKS Disahkan, Polri Bakal Percepat Pembentukan Direktorat PPA

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 11:45 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Foto: dok. Polri)

Kapolri Bentuk Direktorat PPA

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan komitmennya memberikan pelayanan terbaik terhadap penanganan kasus yang korbannya perempuan dan anak-anak. Jenderal Sigit mengatakan komitmen pelayanan terbaik terkait kasus dengan korban perempuan dan anak, pernah disampaikan saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi III DPR RI.

"Jadi pertama terkait dengan concern kita terhadap masalah dan isu perempuan serta anak khususnya. Itu memang menjadi salah satu program yang kemudian saya ingin ditangani serius. Itu juga yang saya sampaikan saat fit and proper test di DPR," kata Sigit saat menerima audiensi Komnas Perempuan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (4/2/2022).

Dari segi kelembagaan, Sigit mengungkapkan saat ini Polri tengah mengembangkan unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) dengan membentuk direktorat tersendiri di tingkat Bareskrim Polri dan Polda. Dia menyebut pembentukan Direktorat PPA merupakan wujud keseriusan Korps Bhayangkara dalam rangka menangani kasus kejahatan dengan korban perempuan dan anak.

"Karena itu, saya sudah sampaikan sekarang sedang berproses. Dari sisi penanganannya, kita ingin ada direktorat sendiri, direktorat yang khusus menangani itu, sehingga kemudian di tingkat mabes ada bintang satu. Maka di Polda akan ada direktorat tingkat Polda, sampai di bawah," ujar mantan Kapolda Banten itu.


(rak/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT