Lili Pintauli Diadukan ke Dewas KPK soal Hotel-Tiket MotoGP, Berapa Nilainya?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 10:55 WIB
Lili Pintauli Siregar
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Lagi-lagi Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar diadukan secara etik ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan penerimaan fasilitas akomodasi hotel hingga tiket MotoGP di Mandalika, Lombok. Berapa nilainya?

"Ya benar, ada pengaduan terhadap Ibu LPS (Lili Pintauli Siregar). Saat ini Dewas sedang mempelajari pengaduan tersebut sesuai prosedur operasional baku yang berlaku di Dewas," kata salah satu Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

Dari dokumen yang didapat, diketahui Lili diduga menerima fasilitas itu dari salah satu BUMN. Dewas telah meminta pihak BUMN memberikan dokumen terkait dalam rangka klarifikasi atas aduan terhadap Lili.

Disebutkan dalam dokumen itu Lili diduga menerima tiket MotoGP untuk Grandstand Premium Zone A-Red serta akomodasi penginapan di Amber Lombok Beach Resort. Redaksi detikcom telah meminta konfirmasi langsung kepada Lili tetapi belum direspons.

Sementara itu, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri memberikan respons terkait aduan atas Lili. KPK, disebut Ali Fikri, menghormati proses di Dewas KPK itu.

"KPK menyerahkan sepenuhnya kepada Dewas KPK atas proses tindak lanjut pengaduan ini. Kami mengajak masyarakat untuk tetap menghormati proses pemeriksaan yang sedang berlangsung tersebut," kata Ali pada wartawan, Rabu (13/4/2022).

"Kami meyakini profesionalitas Dewas dalam memeriksa setiap aduan sesuai ketentuan, mekanisme, dan kewenangan tugasnya yang diatur dalam Pasal 37B UU KPK. Dewas KPK nantinya tentu juga akan menyampaikan hasil pemeriksaannya, apakah atas pengaduan tersebut terbukti adanya pelanggaran atau tidak," tambahnya.

Lantas berapa nilai dari fasilitas tiket dan hotel yang diduga diterima Lili itu?

Dalam dokumen itu tidak disebutkan dengan detail angkanya. Namun perihal tiket MotoGP Mandalika dan penginapan itu bisa ditelusuri.

MotoGP di Mandalika diketahui berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Ada sejumlah kategori tiket dari yang termurah hingga termahal yaitu dari General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, Deluxe Class, hingga Premiere Class.

Untuk kategori tiket Premium Grandstand disebutkan sebagai berikut:

- Sesi Latihan: Rp 373.250 dan Rp 431-250
- Sesi Kualifikasi: Rp 1,1 juta dan Rp 1,15 juta
- Sesi Balapan/Race: Rp 1,6 juta dan Rp 1,7 juta
- Paket tiket dua hari (Sabtu-Minggu): Rp 2,4 juta dan Rp 2,6 juta

Sementara itu untuk akomodasi, yaitu Amber Lombok Beach Resort, bisa ditelusuri dari situsnya. Diketahui terdapat berbagai pilihan kamar, yaitu Superior/Twin, Junior Suite, Junior Suite Poolside, Beachfront Suite, Oceanfront Suite, Honeymoon Suite, dan One Bedroom. Hanya saja tidak tertera tarif dari masing-masing kamar itu.

Saat dicek melalui sejumlah aplikasi pemesanan akomodasi diketahui beberapa penawaran harga. Untuk Superior ditawarkan harga terendah Rp 588.802, lalu Junior Suite Poolside ditawarkan Rp 725.336, One Bedroom Vila seharga Rp 1.706.673, hingga untuk Two-Bedroom Pool Villa Beachfront seharga Rp 3.840.014

Tarif itu untuk pemesanan pada 15 April 2022 hingga 16 April 2022. Sedangkan Lili diduga mendapatkan fasilitas itu pada 16 Maret hingga 22 Maret 2022 di mana harga penginapan kemungkinan naik seiring dengan kegiatan MotoGP Mandalika.

Simak Video: Wow! Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar Dapat Fasilitas-Tiket MotoGP

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/tor)