detikcom Do Your Magic

Perbaikan Lift Mati Stasiun Manggarai Mulai Dilakukan

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 12 Apr 2022 15:05 WIB
Perbaikan lift di Stasiun Manggarai, Jaksel, 12 April 2022 siang. (Mulia Budi/detikcom)
Perbaikan lift di Stasiun Manggarai, Jaksel, 12 April 2022 siang. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pengguna KRL mengeluhkan matinya dua lift dan eskalator Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Perbaikan kerusakan lift tengah dilakukan siang ini.

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Selasa (12/4/2022), sekitar pukul 13.55 WIB, lift yang mati tampak sedang diperbaiki. Ada dua teknisi yang mengerjakan perbaikan.

Terlihat, perbaikan dilakukan pada lift di lantai 1 atau ruang gedung utama stasiun. Lift itu hanya bisa digunakan untuk turun ke lantai dasar, yaitu peron 1-7.

Tampak dua teknisi itu membuka sistem operasional lift. Mereka tengah berusaha mencari permasalahan yang menyebabkan lift mati. Sebuah tiang tampak masih berdiri di tengah lift tersebut. Sebenarnya ada satu lagi lift yang mati di stasiun ini, lift itu belum mendapat penanganan.

Sebelum teknisi datang, sempat terlihat ada penumpang yang ingin menaiki lift tersebut. Penumpang itu bahkan sempat memencet tombol lift.

Perbaikan lift di Stasiun Manggarai, Jaksel, 12 April 2022 siang. (Mulia Budi/detikcom)Perbaikan lift di Stasiun Manggarai, Jaksel, 12 April 2022 siang. (Mulia Budi/detikcom)

Sementara itu, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan pihaknya tengah melakukan perbaikan lift dan eskalator yang mati di Stasiun Manggarai secara bersamaan. Dia menyebut suku cadang yang dibutuhkan untuk perbaikan saat ini dalam proses pemesanan.

"(Perbaikan lift dan eskalator) Bersamaan paralel," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa saat dimintai konfirmasi.

"(Spare part dalam) Pemesanan," imbuhnya.

Sebelumnya, salah seorang penumpang kereta rangkaian listrik (KRL), Sudarmi (65), mengeluhkan matinya lift dan eskalator di Stasiun Manggarai. Dia mengaku kelelahan harus naik-turun tangga di Stasiun Menggarai.

Diketahui, lift yang mati berada di lantai dasar pada peron 6 dan 7 serta di lantai pertama atau hall utama. Kemudian, eskalator yang mati menghubungkan hall utama ke peron 1 sampai 7 di lantai dasar, dan hall utama ke peron 10-13 di lantai dua.

Sudarmi harus naik tangga dari Peron 6-7 di lantai dasar ke lantai 1 atau hall utama stasiun. "Namanya kita lansia kesulitan juga ya jadi ngos-ngosan napas, mau lift nggak ada tadi," kata Sudarmi di lantai 1, Stasiun Manggarai.

Dia merasa malas ketika tahu eskalator pun mati. Namun, dia tidak punya pilihan selain menaiki eskalator yang tidak berfungsi itu.

"Ya kita akhirnya mau naik tadinya males-malesan tapi mau jalan mana lagi ya," ujarnya.

Sudarmi berharap lift dan eskalator segera diperbaiki. Dua fasilitas itu sangat dibutuhkan para penumpang, khususnya menjelang mudik Lebaran.

"Harus segera aja diperbaiki karena orang banyak butuh dia, bulan puasa dan Idul Fitri-nya kan. Untuk lansia untuk anak-anak kecil nanti kan," ucapnya.

(dnu/dnu)