ADVERTISEMENT

YLBHI Tepis Broadcast soal Aliansi Demo 11 April: Hoax!

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 12:06 WIB
A group of men and women take part in the protest. People holding posters. Colorful vector illustration.
Ilustrasi demo (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) membantah tergabung dalam kelompok atau aliansi yang akan menggelar demo pada 11 April 2022 ini. YLBHI menegaskan pihaknya berkomitmen memberikan bantuan hukum.

"Kami mendapatkan informasi yang beredar di publik terkait rencana aksi unjuk rasa Jabodetabek seperti yang tertera dalam gambar di atas," demikian dikutip dari Instagram resmi YLBHI, @yayasanlbhindonesia, Senin (11/4/2022).

"Perlu kami informasikan bahwa YLBHI tidak tergabung dalam aliansi manapun yang merencanakan aksi unjuk rasa sebagaimana informasi hoax di atas," sambungnya.

YLBHI menegaskan pihaknya mendukung semangat perjuangan demokrasi dalam penyampaian pendapat. YLBHI juga akan berkomitmen memberikan bantuan hukum.

"Namun sebagai organisasi bantuan hukum yang setia pada demokrasi dan Hak Asasi Manusia, YLBHI mendukung perjuangan demokrasi dan hak setiap orang untuk menyampaikan pendapat sebagaimana dijamin konstitusi dan UU serta akan terus berkomitmen untuk memberikan bantuan hukum kepada siapa pun yang membutuhkan," imbuhnya.

Dalam foto yang diunggah YLBHI di akun Instagramnya itu, terdapat gambar berjudul 'Rencana aksi Unras Jabodetabek'. Dalam foto tersebut tertulis skenario setting-an Aksi Senin 11 April 2022 Aliansi BEM seluruh Indonesia 'Tagih Istana Negara'.

Dalam foto itu, tertulis aksi tersebut akan dihadiri 47 kampus, antara lain UNJ, UNHAS, PNJ, IT-PLN, STIE SEBI, STIEDAMA< STIS Al Wafa, IAI Tazkia, AKA Bogor, UNRI, UNAND, UNRAM, PPNP, UNDIP, UNS, UNY, UNSOED, SSG, STIEPER, UNMUL serta 27 BEM PTM Indonesia. Di foto tersebut juga tertulis beberapa mentor kontributor aksi, salah satunya bidang isu hukum dan advokasi terdapat nama Ketua YLBHI bidang Advokasi. Namun di foto tersebut tertulis label hoax di bagian tengah.

(yld/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT