Pemudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 10%, 70 Kapal Disiapkan

M Iqbal - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 11:11 WIB
Ketua Gabungan Asosiasi Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak Togar Napitupulu
Togar Napitupulu (Foto: M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak, Banten, diprediksi mencapai 10 persen dibanding tahun lalu. Sebanyak 70 kapal pun disiapkan untuk menyambut lebaran tahun ini.

"Ya yang jelas penambahan mungkin dari tahun kemarin dengan sekarang ini mungkin sekitar 5-10 persen kemungkinan besar, karena orang sudah lama tidak mudik," kata Ketua Gabungan Asosiasi Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak Togar Napitupulu kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Togar mengatakan prediksi kenaikan jumlah penumpang didasari oleh kebijakan baru pemerintah yang memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran 2022. Dia menyatakan 2 tahun belakangan, mudik ke kampung halaman dibatasi lantaran pandemi.

"Dengan adanya peraturan baru ini tentunya mungkin banyak antusias para pemudik yang akan bepergian ke Sumatera dan sebaliknya," katanya.

Menghadapi lonjakan yang diprediksi mencapai 10 persen tersebut, pihak Gapasdap sudah menyiapkan 70 kapal untuk mengangkut pemudik baik dari Pelabuhan Merak maupun Bakauheni.

"Kapal sendiri semua siap. Kapal kita sudah siap sekitar 70 untuk menyambut lebaran," ujarnya.

Pihak Gapasdap saat ini telah menyiagakan kapal-kapalnya di perairan Merak. Mereka tinggal menunggu jadwal dari otoritas pelabuhan untuk mengerahkan kapal feri.

"Yang jelas kami sudah siap mengantisipasi jumlah kapal juga sudah cukup, bahkan mungkin nanti trip-trip kita akan perhatikan," ujarnya.

(bal/lir)