ADVERTISEMENT

Tak Semua Kelompok Mahasiswa Ikut Demo 11 April di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Apr 2022 04:01 WIB
Massa BEM SI demo di Patung Kuda mencoba terobos kawat berduri
Foto: Massa BEM SI demo di Patung Kuda mencoba terobos kawat berduri (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Tak semua kelompok mahasiswa ikut dalam demontrasi 11 April 2022 hari ini. Adapun sebelum 11 April sudah ada kelompok mahasiswa yang berdemo.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) kemarin turut serta dalam aksi simbolik yang digelar di sekitar Patung Arjuna Wijaya, Gambir, Jakarta Pusat. Namun, BEM UI belum menentukan soal apakah ikut dalam gelaran demo hari ini.

"Belum (pasti datang), sejauh ini kita masih menentukan itu di internal," kata Ketua BEM UI Bayu Satria saat ditemui di sekitar Patung Arjuna Wijaya usai aksi simbolik, Minggu (10/4/2022).

Sekadar informasi, aksi simbolik yang digelar 10 April kemarin diinisiasi Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI). Sementara inisiator demo 11 April hari ini adalah BEM SI (Seluruh Indonesia).

Kembali ke Bayu. Dia mengatakan bahwa pihaknya tak akan mengintervensi kebijakan BEM yang lainnya. Yang jelas, Bayu memastikan BEM UI tak akan berhenti menyuarakan aspirasi rakyat.

"Sejauh ini kita terbuka dan memberikan otonomi kepada setiap kampus untuk menentukan. Prinsipnya, kita akan terus menyuarakan, tetapi memang dalam kondisi ini kita memberikan otonomi kepada BEM SI," sambungnya.

Ada tiga tuntutan yang digaungkan BEM UI dalam aksi simbolik kemarin. Pertama, meminta Presiden Jokowi menegaskan Pemilu 2024 tak ditunda dan tak ada perpanjangan masa jabatan. Kedua terkait ketimpangan ekonomi, dan ketiga soal penyerangan warga sipil yang marak terjadi.

"Pada prinsipnya gerakan mahasiswa akan menjadi dentuman besar untuk menegur pemerintah, untuk menegur kekuasaan yang sewenang-wenang," ucap Bayu.

Bagaimana dengan BEM lainnya? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak Video: Puan Berharap Demo BEM SI Berjalan Damai: Jangan Ada Kekerasan!

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT