ADVERTISEMENT

Analisis Adu Tagar #MahasiswaBergerak Vs #SayaBersamaJokowi, Ada Akun Bot?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 19:07 WIB
People holding mobile phones are silhouetted against a backdrop projected with the Twitter logo in this illustration picture taken in  Warsaw September 27, 2013.   REUTERS/Kacper Pempel/Illustration/File Photo
Foto Ilustrasi Twitter (Reuters/Kacper Pempel)
Jakarta -

Pakar media sosial membedah tren adu tagar #MahasiswaBergerak dan #SayaBersamaJokowi menjelang demonstrasi 11 April 2022. Terungkap bahwa ada akun bot yang membuat tagar-tagar tersebut naik.

Hal ini disampaikan analis media sosial Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, lewat akun Twitter pribadinya, Minggu (10/4/2022). detikcom sudah mendapatkan izin untuk mengutipnya paparannya.

"Hari ini di trending topik Twitter Indonesia bertengger cukup lama kedua tagar tersebut. #SayaBersamaJokowi di posisi #1 dengan 136K cuitan, #MahasiswaBergerak di posisi #2 dengan 84,9K cuitan (per analisis ini dibuat)," tulis Ismail Fahmi.

Dari database Drone Emprit, dia memaparkan bahwa tagar #MahasiswaBergerak muncul terlebih dahulu pada 9 April 2022, mencapai top 10 trending topic (TT) per pukul 10.50 pagi, lalu turun. Tren naik kembali menjelang tengah malam, lalu mencapai TT 1 dan 2 cukup lama pada 10 April 2022.

Sementara itu, tagar #SayaBersamaJokowi juga muncul pada 9 April 2022 dan mencapai top 10 TT Indonesia pada pukul 14.00. Sepanjang malam, pagi, hingga siang hari berikutnya (10 April 2022), tagar ini terus bertengger di top 3 hingga 1 TT Indonesia.

Berdasarkan analisisnya, volume percakapan #MahasiswaBergerak lebih tinggi pada 9 April. Namun kemudian disalip oleh tagar #SayaBersamaJokowi.

"Dari sebagian percakapan yang ditangkap Drone Emprit, tagar #MahasiswaBergerak tampak lebih tinggi volume percakapannya pada 9 April 2022. Namun kemudian disalip oleh #SayaBersamaJokowi pada hari berikutnya. Hal ini tampak dari total tweets yang diperlihatkan di TT," tuturnya.

Apakah ada yang pakai akun bot? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Tonton Video: Ancang-ancang Polisi Bubarkan Aksi 11 April Jika Tak Berizin

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT