Dir Narkoba PMJ Tinjau Vaksinasi Booster di Tanah Abang: Animonya Tinggi

Mulia Budi - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 13:16 WIB
Warga menunggu giliran divaksin booster, Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus, Minggu (10/4/2022).
Foto: Warga menunggu giliran divaksin booster, Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya (Ditresnarkoba PMJ) hari ini menggelar kegiatan vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Direktur Resnarkoba PMJ Kombes Mukti Juharsa melihat animo masyarakat yang ingin mendapat vaksin booster tinggi.

Pantauan detikcom, Kombes Mukti Juharsa meninjau langsung kegiatan vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Minggu (10/4/2022) pukul 11.00 WIB. Mukti mengatakan kegiatan vaksinasi booster ini dilakukan agar masyarakat yang hendak mudik telah memenuhi syarat seperti aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Kita tujuannya adalah untuk masyarakat Jakarta agar mudiknya bisa sehat, bisa aman, dan vaksin halal," Kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Mukti Juharsa kepada wartawan, di Blok A Pasar Tanah Abang, Minggu (10/4/2022).

Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa di meninjau kegiatan vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus, Minggu (10/4/2022).Kombes Mukti Juharsa saat meninjau kegiatan vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus. (Mulia Budi/detikcom)

Mukti mengatakan per pukul 11.00 WIB ada 455 yang sudah menjalani vaksinasi booster di lokasi. Dia melihat masyarakat antusias untuk menjalani vaksinasi booster.

"Tadi kami mulai pukul 08.00 sampai pukul 11.00. Yang terdaftar sudah 511, yang tervaksin sudah 455. Animonya sangat tinggi di Pasar Tanah Abang ini," ujar Mukti.

Lebih jauh Mukti menuturkan mayoritas masyarakat yang divaksin adalah mereka yang hendak belanja di Pasar Tanah Abang. Namun, dia memastikan layanan vaksinasi ini dapat diikuti oleh masyarakat umum tanpa persyaratan khusus.

"Masyarakat yang vaksin adalah masyarakat yang mau belanja. Jadi yang kita terima semua ini masyarakat dari seluruh Jakarta yang mau belanja, persiapan mudik," ucapnya.

Ditersnarkoba PMJ menargetkan 1.000 orang setiap harinya bisa menjalani vaksinasi booster yang mereka sediakan. Namun mereka tetap membawa stok vaksin lebih.

"Targetnya sebanyak mungkin. Yang pasti kita bawa memang targetnya 1.000. Namun kita bawa booster kurang lebih 1.100, 1.200 kita bawa vaksin, takutnya ada yang minta lebih," kata Mukti.

"Dan untuk anak-anak juga dibuka peluang, ada Sinovac untuk divaksin dan lansia. Jika butuh pelayanan cepat atau ada lansia kita bersedia, datangi mereka untuk disuntik vaksin," imbuhnya.

Dirresnarkoba Polda Metro Jaya juga menerapkan strategi khusus agar masyarakat mau menjalani vaksinasi booster yang mereka sediakan. Strateginya dengan memberikan bingkisan berupa beras 5 kg dan kopi bagi masyarakat yang telah divaksin.

"Alhamdulillah sangat cepat sekali untuk pemutaran vaksinnya ya target kita ada 1.000 vaksin setiap hari, ples ada bingkisan sembako dari bapak Kapolda yaitu beras 5 kg dan kopi kapal api," terangnya.

Bingkisan berupa besar 5 kg untuk warga yang menjalani vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus, Minggu (10/4/2022).Foto: Bingkisan berupa besar 5 kg untuk warga yang menjalani vaksinasi booster di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakpus. (Mulia Budi/detikcom)

Simak respons warga di halaman berikutnya.