ADVERTISEMENT

Kapolri Puji Pemprov Bangun Gedung Utama Presisi Polda Sumsel

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 21:27 WIB
Pembangunan Gedung Presisi untuk Polda Sumsel
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru meresmikan Gedung Utama Presisi Polda Sumsel. Sigit mengapresiasi kegigihan Herman Deru yang merampungkan pembangunan 8 lantai tersebut.

"Terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang telah memberikan dukungan luar biasa perhatian kepada kepolisian khususnya jajaran Polda Sumsel, sehingga dana yang begitu besar digelontorkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung serbaguna Mapolda Sumsel ini," ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Diketahui, pembangunan Gedung Utama Presisi Polda Sumsel bersumber dari dana hibah APBD Pemprov Sumsel Tahun Anggaran 2020 dan Tahun 2021. Gedung ini memiliki delapan lantai dengan konsep smart building lengkap dengan fasilitasnya.

Adapun peletakkan batu pertama telah dilakukan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Forkompimda, pada Agustus 2020 lalu.

Sigit menilai pembangunan gedung Presisi Polda Sumsel dapat menunjang pelaksanaan tugas Polri. Utamanya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Sumsel.

"Tentunya pembangunan gedung ini merupakan salah satu upaya kita untuk bisa memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Gedung ini bukan gedung biasa namun gedung yang dilengkapi berbagai fasilitas, dilengkapi ruang pertemuan, press conference, juga disiapkan satu ruang command center di mana nantinya tersambung dengan CCTV yang ada di Pemda dan terhubung juga dengan 358 titik CCTV yang ada di Kota Palembang," papar dia.

Dia menjelaskan pembangunan gedung ini juga sejalan dengan program transformasi Polri yang presisi. Yang salah satu programnya mencakup transformasi pelayanan publik.

"Saya mewakili seluruh anggota Polda Sumsel, dan institusi Polri mengucapkan terima kasih atas bantuan dan support dari pak Gubernur dan rekan-rekan jajaran DPRD yang telah membantu menyelesaikan gedung ini," katanya.

Sementara itu Herman Deru menjelaskan hibah pembangunan Gedung Utama Presisi Polda Sumsel merupakan salah satu wujud kebanggaan terhadap pelayanan aparat kepada masyarakat Sumsel.

"Hibah ini bukanlah semata-mata karena kemampuan keuangan yang hebat, tapi kita ingin juga pelayanan menjadi meningkat terhadap masyarakat, di mana Polri sangat berkontribusi dalam membuat pekerjaan kami menjadi nyaman dan aman di Provinsi Sumsel," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan kondisi masyarakat Sumsel yang heterogen, dan terdiri dari sembilan suku besar dengan sembilan bahasa induk. Karena itu, ia menilai butuh kerja keras bagi Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya untuk menyatukan kekuatan dalam menciptakan kekuatan ekonomi dan sosial.

"Atas kerja sama yang baik ini sampai detik ini, Saya laporkan pak Kapolri, Sumsel tetap zero konflik. Kami ingin mempertahankan ini tentu tidak bisa hanya Pemprov saja, butuh kerja sama Kepolisian, TNI dan semua elemen masyarakat," terangnya.

Herman Deru berharap dengan diresmikannya Gedung Utama Presisi Polda Sumsel dapat memberikan semangat bagi para anggota Kepolisian di jajaran Polda Sumsel dalam melayani masyarakat.

"Dengan adanya gedung ini sana-sama kita berharap agar kepolisian di Sumsel ini menjadi lebih meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat," tutur dia.

Sebagai informasi, peresmian Gedung Utama Presisi Polda Sumsel ini juga berbarengan dengan peresmian ruang rawat inap Presisi RS Bhayangkara M Hasan Palembang, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolri didampingi Herman Deru dan Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT