ADVERTISEMENT

Cuma Sampai 24 April, Yuk Berburu Jajan Bukoan Ramadan di Palembang

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 21:09 WIB
HD di Festival Ramdhan Jajan Bukoan
Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mendukung gelaran Festival Ramadhan Jajan Bukoan yang digelar Indonesia Council of Small Business (ICSB) Korwil Sumsel, dan dipimpin oleh Hj Samantha Tivany HD. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat mendorong pelaku usaha, khususnya UMKM agar bisa naik kelas.

Dia pun menyampaikan apresiasi kepada ICSB, TP PKK dan IIPK BSB yang ikut membantu para UMKM yang tengah kesulitan mencari tempat untuk menjajakan produknya saat bulan Ramadan.

"Ini mulia sekali, apalagi tempat yang disediakan sangat strategis. Ini merupakan komitmen organisasi dan komunitas-komunitas bersama pemerintah memulihkan ekonomi setelah terkontraksi hebat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Diketahui, Festival Ramadhan Jajan Bukoan digelar selama lebih dari dua pekan, mulai dari tanggal 8 hingga 24 April 2022. Kegiatan tersebut bertempat di Museum Textile kawasan Kambang Iwak, Palembang.

Herman Deru turut mengapresiasi semua pihak yang sudah memprakarsai kegiatan Jajan Bukoan. Ia berharap apa yang dilakukan ICSB-TP PKK dan IIPK BSB ini dapat dilakukan juga di tiap-tiap kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

"Jangan hanya di Palembang. Saran Saya ini diperluas karena IIPK BSB kan juga ada di kabupaten/kota, ICSB juga apalagi TP PKK bisa sampai ke desa-desa," jelasnya.

Selain membantu memasarkan produk UMKM, menurutnya ICSB, TP PKK maupun IIPK BSB dapat membantu pemerintah menyalurkan UMKM. Caranya melalui pembinaan agar mereka lebih mudah mengakses kucuran pinjaman dari bank.

Dengan berbagai bantuan Pemprov dan ICSB ini diharapkan UMKM Sumsel semakin berkembang, dengan diiringi peningkatan produktivitas dan daya saing. Sehingga berpotensi melakukan pencapaian lebih tinggi.

"Jangan hanya fokus dengan yang besar, pelaku usaha kecil ini perlu kita bimbing agar mereka bisa mandiri hingga mencapai harapannya," katanya.

Sementara itu Direktur ICSB Provinsi Sumsel Hj Samantha Tivany menjelaskan kegiatan ini diikuti tak kurang dari 60 tenant UMKM.

Di samping menghadirkan jajanan berbuka puasa, terdapat sejumlah kegiatan lain yang diadakan. Antara lain lomba azan, fashion show, demo masak dan demo membuat es krim, pelatihan pengemasan hingga talkshow.

Menurut Samantha penyelenggaraan festival ini bertujuan menggandeng UMKM untuk ikut berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.

" Komitmennya untuk membantu memulihkan ekonomi pelaku UMKM sehingga mereka bisa naik kelas dan menuju Sumsel maju," papar Samantha.

Di sisi lain, Ketua Ikatan Istri Pegawai dan Karyawan Bank Sumsel Vina Ramdiana menambahkan, selain membantu pemulihan ekonomi pelaku usaha dan masyarakat, penyelenggaraan acara ini juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Di sini menyediakan jajan bukoan yang sehat dan terjangkau. Sehingga bisa jadi alternatif pilihan masyarakat. Selain Waroeng Pehkaka dan UMKM binaan ada juga peserta dari luar yang ikut," jelasnya.

Vina pun menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, ICSB dan TP PKK. Ia berharap kegiatan ini dapat digelar secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Dalam kesempatan itu IIPK BSB berkesempatan menyerahkan bantuan paket sembako ke ICSB dan Alquran.

Usai membuka acara tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta rombongan langsung meninjau puluhan stand yang sudah siap menjajakan aneka makanan.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT