Tentang Dua Jam Richard Mille yang Jadi Perkara sampai Bareskrim

ADVERTISEMENT

Tentang Dua Jam Richard Mille yang Jadi Perkara sampai Bareskrim

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 17:07 WIB
Jam tangan Richard Mille, pembelinya merasa ditipu dan lapor ke polisi. (Repro detikcom)
Jam tangan Richard Mille, pembelinya merasa ditipu dan lapor ke polisi. (Repro detikcom)

Sapphire Dragon

Untuk RM 57-03 WG Black Sapphire Dragon, Royandi Haichal mengatakan jam itu hanya ada dua di dunia. Soal profil spesifikasi jam tersebut, detikcom mencoba menelusuri situs Richard Mille. Hasilnya, memang tidak ada seri RM 57-03 WB Black Sapphire Dragon.

Meski begitu, ada profil unit jam yang mendekati jam langka itu, yakni RM 57-03 Sapphire Dragon atau RM 57-03 Tourbillon Sapphire Dragon. Dia menyebut jam ini adalah salah satu puncak karya jenama Richard Mille.

Safir adalah batu permata biru tembus pandang. Safir digunakan pula untuk komponen bergerak dalam mesin jam. Material ini dipadukan dengan emas.

Mesin jam ini memiliki jenis pergerakan Tourbillon, yakni teknologi yang menjaga tingkat akurasi jam agar tidak terlalu terpengaruh gravitasi bumi. Jam ini bergaya 'skeleton' dengan bahan titanium grade-5. Khusus untuk RM 57-03, jam ini hanya tersedia di Asia dan hanya 55 unit saja.

Ada ukiran naga di dalam bagian 'dial' jam tangan ini.

"Naga, hewan mitologis yang muncul dari imajinasi nenek moyang dan lekat dengan budaya Oriental, punya banyak makna. Di sini, naga menyimbolkan kegigihan dan sukses dan juga kekuatan dan ketangguhan yang membuat ini menjadi elemen utama," demikian tertulis dalam narasi produk di situs Richard Mille.

RM 57-03 Tourbillon Sapphire Dragon (Sumber: Situs Richard Mille)RM 57-03 Tourbillon Sapphire Dragon (Sumber: Situs Richard Mille)

Berikut adalah spesifikasi umum RM 57-03 Tourbillon Sapphire Dragon, dilansir situs Luxuo

Movement: Manual winding Calibre RM57-03
Power reserve: 48 hours
Case: 42.7mm carbon or sapphire case
Water resistance: 50 metres
Strap: Rubber (karet)

Selanjutnya, Tourbillon Sapphire:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT