Berkaca Survei SMRC, PKB Makin Semangat Kampanyekan Cak Imin

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 18:19 WIB
Cak Imin (dok. Istimewa).
Cak Imin (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin masuk daftar calon presiden potensial dari kalangan elite partai politik. Sekretaris Jenderal DPP PKB M Hasanuddin Wahid menyebut survei itu juga menjadi penyemangat PKB.

"Kami tentu menyambut baik hasil survei SMRC, dan ini jadi penambah semangat kami mengampanyekan Gus Muhaimin sebagai presiden 2024 mendatang," kata Hasanuddin Wahid seperti dalam keterangannya, Jumat (8/4/2022).

Anggota Komisi X DPR RI ini menyebut hasil survei SMRC juga menjadi penambah modal kekuatan bagi pihaknya yang kini makin kokoh sebagai partai Islam terbesar di Indonesia. Ia menyebut saat ini PKB memiliki modal 9,69 persen atau setara 13,5 juta suara nasional sehingga dibutuhkan sekitar 10 persen lagi dukungan parpol lain untuk bisa maju sebagai capres.

"Hasil survei SMRC ini bisa menjadi modal bagi Gus Muhaimin untuk maju sebagai capres, selain juga dukungan dari berbagai kalangan yang terus mengalir," tuturnya.

Lebih lanjut, legislator asal Malang, Jawa Timur, ini mengatakan masih ada waktu sekitar dua tahun lagi untuk terus mendongkrak elektabilitas Gus Muhaimin. Dengan demikian, kata dia, Cak Imin bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat dan parpol lain untuk bisa diusung jadi Presiden.

"Ketum sangat percaya diri, tentu saja kami juga wajib lebih percaya diri dan optimis bisa mengusung beliau jadi Presiden. Kalau nama-nama tokoh yang tidak memiliki tiket ke pilpres saja percaya diri, kenapa PKB tidak? Kita punya tiket 10 persen, tinggal menambah 10 persen lagi," tuturnya.

Survei Elite Parpol SMRC

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi elite parpol dengan elektabilitas terkuat menjelang Pilpres 2024. Di bawahnya, ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal itu terekam dalam survei SMRC yang dirilis Kamis (7/4). Survei dilakukan pada 13-20 Maret 2022 melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah.

Jumlah sampel sebanyak 1.220 responden dengan 1.027 responden yang dianalisis. Adapun margin of error survei ini +- 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Berikut ini 10 besar elite partai politik dengan elektabilitas tertinggi di survei SMRC:

Prabowo Subianto: 42,2%
AHY: 12,5%
A. Muhaimin Iskandar: 6,1%
Surya Paloh: 4,6%
Puan Maharani: 3,9%
Airlangga Hartarto: 3,2%
Ahmad Syaikhu: 1,0%
Zulkifli Hasan: 1,0%
Salim Segaf Al-Jufri: 0,9%
Suharso Monoarfa: 0,0%
Tidak tahu/Tidak jawab: 24,5%

(maa/gbr)