Jadi Danjen Kopassus, Brigjen Iwan: Saya Siap Pimpin-Layani Seluruh Anggota

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 17:24 WIB
Danjen Kopassus Brigjen Iwan Setiawan (Karin-detikcom)
Danjen Kopassus Brigjen Iwan Setiawan (Karin/detikcom)
Jakarta -

Brigjen Iwan Setiawan resmi menjabat sebagai Danjen Kopassus. Brigjen Iwan Setiawan menggantikan Mayjen Widi Prasetijono, yang menjadi Pangdam IV/Diponegoro, Jawa Tengah.

Serah terima jabatan Danjen Kopassus digelar di Lapangan Upacara Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (8/4/2022). Acara serah terima pasukan diawali dengan aksi drum band.

Setelah itu, pasukan masuk bersama dan berbaris di lapangan. Brigjen Iwan Setiawan dan Mayjen Widi Prasetijono kemudian memasuki lapangan upacara dari Gedung Sarwo Edhie Wibowo. Keduanya langsung menuju podium yang berada di depan pasukan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama pada pagi tadi telah dilaksanakan sertijab Danjen Kopassus di Mabesad. Sore ini dilanjutkan tradisi upacara penyerahan satuan Kopassus dari saya, kepada Brigjen TNI Iwan Setiawan. Oleh karena itu, sebagai konsekuensi dari sertijab tersebut, pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama oleh seluruh anggota Kopassus yang hadir," ujar Widi.

Widi mengatakan menjadi Danjen Kopassus ke-34 selama kurang lebih dua bulan terakhir. Mayjen Widi berterima kasih atas loyalitas dan kinerja seluruh pasukan Kopassus.

"Jadilah prajurit Kopassus yang punya jiwa korsa yang tinggi, loyalitas dan setia kepada pimpinan, kawan, dan anak buah. Karena hal itu merupakan kekuatan yang utama sebagai prajurit Kopassus. Akhirnya besar harapan saya semoga Kopassus ke depan akan semakin baik dan terus berprestasi berikan karya terbaik dalam harapan nama besar Kopassus Angkatan Darat dan TNI," ujarnya.

Brigjen Iwan Setiawan mengaku siap memimpin jajaran Kopassus. Iwan mengatakan akan berusaha membuat pasukan Kopassus menjadi lebih tangguh.

"Saya siap memimpin dan melayani seluruh anggota untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang sangat kita cintai bersama. Saya akan bekerja dengan prinsip kehormatan sebagai dasar," kata Iwan.

"Saya mohon dukungan, bantuan, dan kerja samanya kepada seluruh prajurit serta PNS dalam pengabdian untuk menegakkan kedaulatan NKRI, mempertahankan keutuhan wilayah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa Indonesia dengan terus melaksanakan profesionalisme prajurit yang modern dilandasi semangat juang yang tinggi," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.