ADVERTISEMENT

Marak Tawuran di Jabodetabek Selama Ramadan, Rawan Terjadi Jelang Sahur

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 11:16 WIB
pemuda melempar Batu pada musuhnya
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Aksi tawuran di wilayah Jabodetabek di pekan pertama Ramadan 2022 semakin meningkat. Fenomena ini kian marak terjadi di pada malam jelang sahur hingga subuh.

Remaja tanggung yang terlibat menjadikan sarung berisi batu hingga celurit sebagai senjatanya, dan ada juga yang menggunakan senjata tajam. Gang-gang sempit serta jalan raya menjadi arena 'pertempuran' dadakan.

Patroli dan Filterisasi Kendaraan

Mencegah tawuran ini, Polda Metro Jaya melakukan patroli skala besar pada malam hari hingga jelang sahur. Pihak kepolisian bahkan melakukan filterisasi kendaraan di 13 titik DKI Jakarta untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas, salah satunya tawuran.

"Untuk mencegah tawuran ini kami setiap malam melakukan patroli skala kecil hingga skala besar, khususnya di titik-titik rawan di wilayah Jadetabek. Di DKI Jakarta sendiri ada filterisasi kendaraan, salah satunya untuk mencegah tawuran," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan saat dihubungi detikcom, Jumat (8/4/2022).

Patroli difokuskan untuk mengantisipasi kerumunan pada malam hari yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seperti tawuran, balapan liar dan kejahatan jalanan.

"Kita memiliki tim patroli presisi di masing-masing wilayah Polres yang patroli di titik-titik rawan tawuran," imbuh Zulpan.


Ancaman Blacklist SKCK Remaja Terlibat Tawuran

Di sisi lain, Polres Metro Jakarta Barat mengancam tidak akan menerbitkan SKCK remaja yang terlibat tawuran. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan sanksi ini diberikan kepada mereka yang kedapatan kembali melakukan tawuran. Dengan tidak diterbitkannya SKCK, maka para remaja itu akan kesulitan melanjutkan pendidikan hingga melamar kerja.

"SKCK kan kepanjangannya Surat Keterangan Catatan Kepolisian, artinya orang tersebut memiliki catatan yang bersih di kepolisian, jika dia terlibat tawuran apalagi menyebabkan orang lain luka berat atau meninggal dunia, berarti kan ada catatan kurang baik," ujar Joko Dwi saat dihubungi, Rabu (5/4/2022).

Memasuki sepekan Ramadan, ada sejumlah kejadian tawuran di Jabodetabek. Berikut data kejadian tawuran yang kami rangkum:


1. DKI Jakarta

Jakarta Timur:

- Matraman

Tawuran terjadi di Kayu Manis, Jakarta Timur. 9 anak di bawah umur diamankan. Senjata tajam berjenis celurit turut disita.

- Ciracas

Tawuran terjadi di Jalan Cibubur I, tepatnya di depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibubur 01, Ciracas pada Senin (4/4), sekitar pukul 20.30 WIB. Pelakunya masih siswa SD dan SMP. Para remaja tersebut saling serang menggunakan sarung dan tongkat kayu. Tawuran dibubarkan warga.

- Cilincing

Tawuran terjadi di Cilincing, Jakarta Utara (Jakut). 19 remaja diamankan. 1 remaja yang diamankan kedapatan membawa senjata tajam. Sebagian besar dari mereka masih di bawah umur.

Selengkapnya di halaman berikutnya

Simak Video 'Jaga Suasana Ramadan, Kapolda Metro Soroti Aksi Tawuran-Balap Liar':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT