Anies-AHY Menang di Survei SMRC, Demokrat Siap Usung?

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 10:28 WIB
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik pengurus partai di tingkat DKI Jakarta. Selain AHY, acara itu juga dihadiri Anies Baswedan.
Anies Baswedan dan AHY (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selalu menang dalam dua simulasi capres-cawapres 2024 berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Demokrat mengatakan AHY dan Anies merupakan pasangan ideal yang saling melengkapi.

"Ini memang menjadi pasangan ideal yang saling melengkapi. Keduanya memiliki rekam jejak yang membanggakan dan prestasi di atas rata-rata. Sama-sama cerdas dan berintegritas," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/4/2022).

Kamhar menilai Anies telah teruji memimpin Jakarta menjadi kota modern. Sedangkan kepemimpinan AHY disebut telah teruji dengan mengatasi permasalahan yang sempat terjadi di Partai Demokrat.

"Mas Anies yang telah teruji memimpin dan membawa Jakarta menjadi kota modern kelas dunia, manusiawi, dan beradab. Mas Ketum AHY juga telah teruji kepemimpinannya yang bisa membawa Partai Demokrat keluar dari terpaan krisis dalam bentuk upaya pembegalan oleh KSP Moeldoko serta berhasil merebut hati dan pikiran rakyat melalui konsistensi sikap politik melakukan advokasi kebijakan sebagai partai oposisi," kata Kamhar.

"Anies-AHY adalah pasangan sipil-militer yang sama-sama intelektual, prodemokrasi, dan menjunjung tinggi agenda reformasi. Keduanya orang yang bisa menjaga dan menahan diri dari menerabas pembatasan kekuasaan," imbuhnya.

Dia menuturkan hasil survei tersebut akan menjadi perhatian bagi partainya. Namun dia menyebut Demokrat tidak dapat mengusung pasangan sendiri, sehingga pihaknya akan menggunakan cara pendekatan yang berbeda.

"Hasil survei ini tentunya menjadi perhatian tersendiri. Namun, karena Partai Demokrat tak bisa mengusung pasangan sendiri, yang terkendala presidential threshold, persoalan menjadi berbeda, pendekatannya pun menjadi berbeda," tuturnya.

Diketahui, survei simulasi pasangan capres-cawapres itu digelar SMRC pada 13-20 Maret 2022 melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Jumlah sampel survei SMRC kali ini sebanyak 1.220 responden, dengan 1.027 responden yang dianalisis. Adapun margin of error survei ini +- 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Dalam surveinya, SMRC melakukan dua simulasi pasangan capres-cawapres 2024. Setiap simulasinya ada tiga pasangan capres-cawapres.

Ketiga pasangan dalam simulasi pertama, yakni Anies-AHY, Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto-Puan Maharani. Dalam simulasi pertama ini, pasangan Anies-AHY unggul atas dua pasangan lainnya.

Dalam simulasi kedua, Anies kembali dipasangkan dengan AHY, Prabowo dengan Puan, dan Ganjar dengan Airlangga. Perbedaan dengan simulasi pertama terletak pada pasangan Ganjar-Airlangga.

Dalam simulasi kedua SMRC, Airlangga diposisikan sebagai capres, sementara Ganjar cawapres. Dalam simulasi pertama, Ganjar diposisikan sebagai capres, Airlangga cawapres.

Simak juga 'AHY Gelar Safari Ramadan di Jateng: Ziarah Makam-Kunjungi Ponpes':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/idn)