ADVERTISEMENT

Menko PMK Imbau Pemudik Tak Pakai Motor: Motornya Diangkut Kereta, Gratis

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 19:11 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan jelang mudik lebaran 2022 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat (Jakpus).
Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya di Stasiun Senen (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan menjelang mudik Lebaran 2022 di Stasiun Senen, Jakarta Pusat (Jakpus). Muhadjir menyarankan Kemenhub dan PT KAI menyiapkan gerbong khusus sepeda motor.

"Tadi saya menyarankan untuk disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya jangan menggunakan sepeda motor, tetapi sepeda motornya cukup diangkut bersama dia menggunakan kereta api," katanya kepada wartawan di Stasiun Senen, Kamis (7/4/2022).

"Tadi saya sarankan kepada Pak Menhub dan Direktur Jenderal Perkeretaapian, kalau bisa, kendaraannya gratis, sepeda motornya gratis, sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya, terutama pengendara motor," lanjutnya.

Muhadjir mengatakan, berdasarkan data dari Kemenhub, mayoritas kecelakaan di jalan raya dialami pengendara motor. Sehingga dia mengimbau masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api.

"Karena berdasarkan penjelasan dari Menhub, kecelakaan di jalan di masa mudik itu sebagian besar oleh mereka pengendara motor," katanya.

Kemenhub Siapkan Gerbong Khusus Motor

Menhub Budi Karya Sumadi, yang hadir bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, mengatakan pihaknya siap menyediakan gerbong khusus untuk mengangkut sepeda motor. Budi menyebut nantinya warga hanya perlu membayar ongkos penumpang saja, sedangkan kendaraannya gratis.

"Apa yang tadi diinstruksikan Pak Menko, kami siap menjalankan. Jadi kami minta kereta api menyediakan gerbong untuk mengangkut motor. Orangnya hanya bayar orang, motornya nggak bayar," katanya.

Budi mengatakan program itu disebut dengan mudik gratis. Dia menyebut penyediaan angkut kendaraan juga berlaku untuk mereka yang akan melakukan perjalanan dengan bus.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT