Bina Marga DKI: Kabel Semrawut di Mampang Dipotong Semua Usai Lebaran

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 18:58 WIB
Kabel-kabel semrawut di Jl Mampang Prapatan Raya, 28 Oktober 2021, 11.00 WIB. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Kabel-kabel semrawut di Jl Mampang Prapatan Raya, 28 Oktober 2021, 11.00 WIB. (Marteen Ronaldo/detikcom)
Jakarta -

Kabel optik semrawut di tiang-tiang Jl Mampang Prapatan Raya mulai dipotong. Dinas Bina Marga DKI menargetkan kawasan ini bakal bersih dari kabel semrawut di udara karena sudah ada manhole sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) di bawah tanah.

"Dalam waktu satu bulan ini, bulan depan habis Lebaran, habis Mei paling kita potong semua," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, dalam wawancara yang disampaikan pihak Dinas Bina Marga DKI, Kamis (7/4/2022).

Dia sedang meninjau pemotongan kabel di tiang pinggir Jl Mampang Prapatan, tepatnya depan Pasar Mampang Prapatan. Hari ini, ada kabel milik sembilan operator bandel yang dipotong. Seharusnya, operator kabel-kabel ini bersedia memindahkan kabel ke SJUT di bawah tanah, fasilitas yang sudah dibangun Pemprov DKI Jakarta.

"Yang kita potong ini yang tidak mau negosiasi dan memang ya tidak mau mengikuti aturan main kita. Ya sudah, kita potong," kata Hari Nugroho.

Pasukan kuning dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta memotong kabel semrawut di Jl Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, 7 April 2022. (Danu Damarjati/detikcom)Pasukan kuning dari Dinas Bina Marga DKI Jakarta memotong kabel semrawut di Jl Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan, 7 April 2022. (Danu Damarjati/detikcom)

Khusus di Jl Mampang Prapatan Raya ini, total ada 43 operator kabel optik yang punya kabel utilitas. Di antara 43 operator, ada 25 operator yang sedang mengurus pemindahan kabel ke bawah tanah manhole SJUT. Sebanyak 9 operator bandel tidak mau mengurus kabelnya.

Setelah Jl Mampang Prapatan beres dari kabel semrawut, Dinas Bina Marga akan bergerak ke kawasan Kebayoran Baru, Jaksel, yakni di Jl Senopati, Jl Wolter Monginsidi, Jl Gunawarman, dan Jl Cikajang.

"Harapan kita, empat hingga lima tahun ke depan Jakarta harus bersih dari kabel udara. Kabel udara kita masukkan ke SJUT," kata dia.

Lihat juga video 'Dinas Bina Marga DKI Potong Kabel Semrawut Sepanjang 2,3 Km':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/aik)