Polusi Udara di Indonesia 2021 Terburuk Se-Asia Tenggara Versi IQAir

ADVERTISEMENT

Polusi Udara di Indonesia 2021 Terburuk Se-Asia Tenggara Versi IQAir

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 15:47 WIB
Polusi masih menjadi momok bagi kota Jakarta. Gedung-gedung pencakar langit di Jakarta pun tampak diselimuti kabut polusi. Ini penampakannya.
Ilustrasi polusi udara (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

IQAir menerbitkan laporan kualitas udara 2021. Hasilnya, polusi udara di Indonesia berada di peringkat ke-17 sedunia dan menjadi yang terburuk di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Dilihat detikcom, Kamis (17/4/2022), laporan kualitas udara 2021 ini menyajikan gambaran umum tentang keadaan kualitas udara global pada 2021. Laporan tersebut didasarkan pada data kualitas udara PM2.5 dari 6.475 kota di 117 negara, kawasan dan teritori di seluruh dunia.

"Data yang digunakan untuk membuat laporan ini dihasilkan oleh puluhan ribu stasiun pemantauan kualitas udara yang diatur dan berbiaya rendah yang dioperasikan oleh pemerintah, organisasi nirlaba, lembaga penelitian, fasilitas pendidikan, perusahaan, dan ilmuwan warga di seluruh dunia," demikian tulis IQAir.

Data PM2.5 dilaporkan dalam satuan mikrogram per meter kubik (μg/m3) dan menggunakan pedoman kualitas udara PM2.5 tahunan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru. IQAir membuat peringkat polusi udara di 117 negara.

Peringkat itu dibuat berdasarkan bobot populasi udara, konsentrasi PM2.5 rata-rata 2021 (μg/m³). Dalam peringkat tersebut, Indonesia berada di peringkat ke-17 dengan angka bobot populasi 34,3.

Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi terburuk dibanding negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara (kecuali Brunei Darussalam dan Timor Leste). Berikut peringkat polusi di negara-negara Asia Tenggara:

1. Indonesia (17 versi IQAir)
2. Myanmar (31 versi IQAir)
3. Vietnam (36 versi IQAir)
4. Laos (41 versi IQAir)
5. Thailand (45 versi IQAir)
6. Kamboja (48 versi IQAir)
7. Malaysia (50 versi IQAir)
8. Filipina (64 versi IQAir)
9. Singapura (74 versi IQAir)

Selain itu, IQAir menempatkan Jakarta sebagai ibu kota negara dengan polusi udara terburuk di antara ibu kota negara lain di Asia Tenggara. Jakarta berada di posisi ke-12 dengan skor polusi 39,2.

Sementara saat ini, Jakarta juga memiliki pengukuran kualitas udara sendiri lewat situs rendahemisi.jakarta.go.id. Data kualitas udara pada situs tersebut dikumpulkan dari Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) DKI Jakarta, KLHK dan Stasiun Pemantauan Kedubes Amerika Serikat (AS).

Dalam situs itu, tingkat polusi partikel PM2.5 di wilayah Jakarta berbeda-beda. Di SPKU Jakarta GBK misalnya, tingkat PM2.5 terdata pada angka 57,0 sementara di Bundaran HI terdata 61,0.

Kembali ke IQAir. Wilayah dengan tingkat polusi tertinggi di Asia Tenggara sendiri bukan Jakarta, melainkan Lampang di Thailand dengan skor 52,2 disusul Pai di Thailand. Selain itu, daerah dengan polusi udara terendah adalah Bongawan di Malaysia dengan skor 5,7 dan Samarinda di Kalimantan Timur dengan skor 6,2.

Ibu kota negara dengan tingkat polusi terburuk ialah New Delhi, India, dengan skor 85,0. Peringkat kedua disusul Bhaka, Bangladesh, dengan skor 78,1.

Simak selengkapnya di halaman lainnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT