Pengacara M Kace Kecewa Vonis 10 Tahun Bui, Bandingkan dengan Yahya Waloni

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 11:50 WIB
Jakarta -

Terdakwa kasus penistaan agama M Kace divonis maksimal 10 tahun penjara di Pengadilan Negeri Ciamis. Pengacara M Kace, Martin Lukas Simanjuntak, mengaku kecewa atas putusan tersebut.

Ia memandang majelis hakim tidak mempertimbangkan hal yang dapat meringankan vonis kepada terdakwa. Misalnya, M Kace tidak pernah terlibat kasus hukum.

"Saya pikir, hampir mustahil tidak ada hal yang meringankan bagi klien kami. Seperti yang disampaikan oleh Majelis Hakim. Padahal Terdakwa tidak pernah dipidana," ujar Martin dikutip dari detikJabar, Kamis (7/4/2022).

Ia membandingkannya dengan perkara lain seperti ujaran kebencian Ustaz Yahya Waloni. Sebab, Ustaz Yahya Waloni divonis lebih ringan dibanding M Kace.

"Padahal, dalam perkara lain, seperti ujaran kebencian yang dilakukan Ustaz Yahya Waloni itu hal yang meringankan sudah menjadi kebiasaan. Terdakwa yang tak pernah dituntut pasti akan meringankan. Namun majelis hakim berpendapat lain," ujarnya.

Hal yang meringankan sudah menjadi kebiasaan dalam kasus hukum. Menurutnya, terdakwa yang tak pernah dituntut pasti akan meringankan.

Simak selengkapnya di sini.

(yld/dhn)