NasDem Dukung RI Kirim Bantuan ke Ukraina: Sejalan dengan Jokowi, Antiperang

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 08:18 WIB
farhan  anggota dpr ro 2019 2024.
Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem Muhammad Farhan (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan kepada rakyat Ukraina. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan setuju dengan langkah pengiriman bantuan tersebut.

"Bantuan kemanusiaan dikirim dalam rangka membantu masyarakat sipil korban perang, dalam rangka kemanusiaan," ujar Farhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (6/4/2022).

Farhan mendorong bantuan kemanusiaan segera dikirim ke Ukraina. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana Indonesia antiperang.

"Kami sangat mendorong hal itu karena sejalan dengan pernyataan Jokowi: kita antiperang," ucapnya.

Meski begitu, Farhan menyebut pengamanan saat pembagian bantuan ke rakyat Ukraina harus diperhitungkan. Dia juga meminta bantuan dikirim ke lokasi yang tepat.

"Rencana pengiriman bantuan ini memang perlu koordinasi logistik dan pengamanan saat pembagian kepada korban serta terpenting adalah penentuan lokasi penerima bantuan," imbuh Farhan.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi mengatakan Ukraina dalam beberapa kali kesempatan meminta bantuan ke beberapa negara, termasuk RI. Permintaan bantuan itu berupa pangan, yang disebut sudah menipis.

"Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina menyampaikan bahwa bahan pangan sudah sangat menipis. Karena itu, Ukraina dalam beberapa kali kesempatan telah meminta bantuan kemanusiaan kepada semua negara, termasuk Indonesia, terutama dalam bentuk bahan pangan," kata Retno dalam rapat bersama Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4).

Retno mengatakan RI tengah mempertimbangkan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Ukraina. Menurutnya, ini demi kemanusiaan rakyat Ukraina.

"Dan demi kemanusiaan, Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memberi bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina," ujarnya.

Simak Video 'Menlu Retno: 32 WNI-Staf KBRI Pilih Tetap Tinggal di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/zak)