ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Gereja di Lebak Bulus Rawan Banjir, Tanggul Dipasang di Pinggir Jalan

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 19:39 WIB
Tanggul dipasang di Gereja  Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Sumber Kasih di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan,
Foto: Mulia Budi/detikcom
Jakarta -

Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Sumber Kasih di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, masih berjuang menangani permasalahan air yang rutin menggenangi gereja setiap kali hujan deras turun. Kini terlihat tanggul terpasang di pinggir jalan depan gereja.

Pantauan detikcom di GPIB Sumber Kasih, Rabu (6/4/2022), pukul 18.15 WIB, tepatnya di Jl Lebak Bulus III, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, deretan tanggul beton telah terpasang di sepanjang pagar gereja.

Tampak kotakan beton itu terpasang rapi dan kokoh di depan pagar gereja. Beton-beton itu sudah terpasang dari ujung timur pagar gereja hingga ujung barat pagar.

Tanggul dipasang di Gereja  Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Sumber Kasih di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan,Tanggul dipasang di Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Sumber Kasih di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. (Mulia Budi/detikcom)

Deretan tanggul beton itu berfungsi supaya air hujan tidak langsung masuk ke area gereja. Air nantinya bakal tertahan oleh tanggul tersebut dan masuk ke sumur resapan yang berada di depannya.

Di antara tanggul beton dan aspal terdapat lekukan. Lekukan tersebut merupakan tanah yang tidak diaspal.

Saat ini sedang berlangsung kegiatan ibadah di GPIB Sumber Kasih. Hujan tidak mengguyur kawasan gereja hingga menjelang malam hari ini.

Sebelumnya, Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat Sumber Kasih di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, masih berupaya mencegah banjir yang rutin datang usai hujan deras. Kini, satu kolam olakan atau bak penampungan air dibangun agar gereja tidak lagi tergenang.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT