Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jaringan NII di Tangerang Selatan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 15:30 WIB
Densus 88 menggeledah eks markas FPI di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4) malam. Sejumlah boks kontainer diamankan.
Ilustrasi. Densus 88 Antiteror Polri saat mengamankan lokasi penangkapan teroris beberapa waktu lalu (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Densus 88 Antiteror Polri menangkap lima orang terduga teroris di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Diketahui para terduga teroris terkait jaringan Negara Islam Indonesia (NII).

"Kami menyampaikan update tentang penangkapan tersangka teroris di wilayah Tangerang Selatan yang dilakukan oleh penyidik Densus 88 pada hari Minggu tanggal 3 April kurang lebih jam 7," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (6/4/2022).

Ramadhan mengatakan penangkapan ini merupakan hasil perkembangan dari penangkapan teroris di Sumatera Barat (Sumbar). Dia mengatakan Densus 88 masih mendalami peran masing-masing terduga teroris tersebut.

"Penangkapan tersebut terhadap lima tersangka teroris yang merupakan kelompok jaringan teroris NII. Ini merupakan hasil pengembangan penangkapan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu di wilayah Sumatera Barat," kata Ramadhan.

"Selanjutnya nanti saat ini dilakukan penelusuran dan pendalaman tentang peran-peran dan keterlibatan tersangka tersebut. Nanti kita akan sampaikan kemudian," sambungnya.

Sebelumnya, Densus 88 menangkap 16 tersangka teroris di wilayah Sumbar. Belasan tersangka teroris ditangkap di dua wilayah berbeda.

Sebanyak 12 orang di antaranya ditangkap di Kabupaten Dharmasraya. Sementara itu, sisanya ditangkap di Kabupaten Tanah Datar.

Lihat juga video 'Polri: 16 Teroris NII Ingin Gulingkan Pemerintahan-Ubah Ideologi Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/jbr)