Wagub DKI Klaim Tak Ada Banjir Kemarin: Cuma Genangan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 13:14 WIB
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Anggi-detikcom)
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim tidak terjadi banjir pada 5 April kemarin. Riza menyatakan pihaknya hanya menemukan genangan di sejumlah titik.

"Sebetulnya kemarin itu ada hujan lebat tetapi tidak banjir, cuma ada beberapa genangan dan titik di Halim, Rasuna, tetapi alhamdulillah kita dapat mengendalikan dan mengatasinya dan sudah surut kembali," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/4/2022).

Riza mengaku bersyukur sepanjang awal 2022 ini tak ada banjir di Ibu Kota. Dia berharap kondisi ini dapat dipertahankan hingga siaga bencana banjir berakhir.

"Kita bersyukur di 2021 dan awal 2022 ini tidak ada banjir di Jakarta. Dengan sisa waktu beberapa minggu ini musim hujan, mudah-mudahan tidak ada banjir di Jakarta," ucapnya.

Politikus Gerindra itu menyatakan pihaknya terus mengupayakan penanggulangan banjir. Mulai menggiatkan pengerukan sungai hingga membuat waduk.

"Kita terus giatkan pengerukan sungai, kali, waduk, situ, embung, dan lain-lain. Membuat olakan, kemudian pembuatan pompa, pembuatan waduk, kemudian kita lakukan pembersihan dan banyak sekali program pengendalian banjir," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, BPBD DKI Jakarta mencatat ada 13 RT yang terendam banjir.

"Informasi genangan saat ini ada 13 RT atau 0,043% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf kepada wartawan, Selasa (5/4/2022) malam.

Data itu diambil per pukul 21.00 WIB. Insyaf mengatakan banjir tersebar di tiga wilayah Jakarta.

Rinciannya, yaitu lima RT di Jakarta Barat, tujuh RT di Jakarta Timur serta satu RT di Jakarta Utara. Banjir dipicu curah hujan tinggi serta luapan kali.

(taa/dek)