ADVERTISEMENT

AHY Tunjuk Ketua Demokrat DKI Jadi Bapak Angkat Perajin Ondel-ondel

Antara - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 11:25 WIB
Pemprov DKI Jakarta larang ondel-ondel digunakan untuk mengemis. Meski begitu, masih ada saja orang yang gunakan ondel-ondel untuk ngamen di jalanan ibu kota.
Ilustrasi ondel-ondel (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menunjuk Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Mujiyono menjadi bapak angkat perajin ondel-ondel.

"DPD dan Pak Mujiyono komitmen dan siap menjadi bapak angkat perajin ondel-ondel di Jakarta," kata AHY seperti dilansir Antara, Rabu (6/4/2022).

AHY mengatakan ide tersebut berangkat dari kekagumannya setelah melihat tekad luar biasa dari satu tokoh atau tetua kesenian dan perajin ondel-ondel di Jakarta Pusat, Supandi (62). Supandi merupakan pimpinan Sanggar Seni Betawi Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Di usia Pak Supandi ke-62 tahun ini, kita tahu tidak banyak yang tersisa dari tokoh yang konsisten melestarikan budaya Betawi ini," ucap AHY.

Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri), Ketua DPD Partai Demokrat DKI Mujiyono (kiri), dan Wawalkot Jakpus Irwandi (kanan) mengunjungi pimpinan Sanggar Seni Betawi Utan Panjang Supandi (kedua kanan) di Kemayoran, Jakpus (ANTARA/Dok Pribadi)Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (kedua dari kiri), Ketua DPD Partai Demokrat DKI Mujiyono (kiri), dan Wawalkot Jakpus Irwandi (kanan) mengunjungi pimpinan Sanggar Seni Betawi Utan Panjang Supandi (kedua kanan) di Kemayoran, Jakpus (ANTARA/Dok Pribadi)

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawalkot) Jakpus Irwandi menegaskan pihaknya selalu mendukung kesenian ondel-ondel agar terus eksis di wilayahnya.

Dia mengatakan Pemkot Jakpus dalam setiap kegiatan formal dan seremonial selalu menyertakan sejumlah kesenian dan kebudayaan Betawi, termasuk ondel-ondel.

"Sebelum pandemi, Dinas Kebudayaan sering melibatkan ondel-ondel ini kalau dalam kegiatan pemerintah. Sekarang kegiatan sudah berangsur normal, semoga kegiatan dan kesenian ondel-ondel juga kembali menggeliat," kata Irwandi.

Selain menemui perajin ondel-ondel, AHY menggelar kegiatan santunan kepada anak yatim piatu dimulai dengan salat Asar berjemaah di Masjid Baabul Hasanah, Kemayoran.

(jbr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT