Dukung Pelaksanaan EWG G20, Kemnaker Siapkan Isu Prioritas 4

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 20:56 WIB
Indonesia selaku Presidensi G20 tahun 2022 mendorong peranan G20 dalam merumuskan monitoring tools sebagai upaya penciptaan pasar kerja yang inklusif dan aksi afirmasi bagi kelompok penyandang disabilitas.
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan persiapan teknis Employment Working Group (EWG) II G20 di Jakarta hari ini. Ini Dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Employment Working Group (EWG) G20.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi menjelaskan saat ini Kemnaker juga tengah berkoordinasi dengan Engagement Group Labour 20 terkait isu prioritas 4 mengenai Adaptasi Perlindungan Tenaga Kerja untuk Perlindungan yang Lebih Efektif dan Peningkatan Ketahanan Semua Pekerja.

Ia mengatakan persiapan substansi isu prioritas 4 dalam Pertemuan EWG Il G20 akan berlangsung pada pada tanggal 10 hingga 12 Mei 2022. Menurutnya pihak Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) Jenewa memberikan apresiasi terkait penyusunan catatan isu yang menjadi bagian dari isu prioritas 4.

"Apresiasi dari ILO Jenewa ini diharapkan akan disambut baik oleh negara-negara G20," ucap Anwar dalam keterangan tertulis, Selasa (5/4/2022).

Anwar menyebut meminta dalam forum tersebut seluruh tim pendukung pelaksanaan forum G20 di bidang ketenagakerjaan dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan maksimal.

"Dengan begitu diharapkan dapat membawa nama baik Kemnaker dan Indonesia di mata dunia internasional dengan menyukseskan pertemuan-pertemuan G20 Presidensi Indonesia," ucapnya.

(ncm/ega)