ADVERTISEMENT

Sebagian dari Ribuan Kendaraan di DKI Lolos Tilang e-TLE, Ini Alasannya

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 17:37 WIB
Pemasangan kamera tilang elektronik atau E-TLE diperluas. Kali ini kamera e-TLE yang dipasang di Jalan Gajah Mada, Jakarta, siap memantau pengendara yang melanggar lalu lintas.
Ilustrasi kamera e-TLE (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ribuan kendaraan terekam kamera e-TLE melanggar lalu lintas di sejumlah ruas jalan Jakarta. Namun begitu, tidak semua kendaraan itu dikirim surat konfirmasi tilang. Apa alasannya?

"Tentu dari ribuan capture tersebut tidak semua bisa diolah jadi surat tilang, karena dari gambaran ter-capture kita harus verifikasi terlebih dahulu ," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022).

Salah satu penyebabnya karena kendaraan tersebut menggunakan pelat bodong. Sehingga, begitu diverifikasi, kendaraan tersebut tidak tercatat pada database kendaraan.

"Pertama apakah kendaraan yang ter-capture itu nomor polisi sama dengan database kita artinya kalau ter-capture pelanggar sedan warna putih ternyata di data kita minibus warna hitam berarti nggak valid datanya kami nggak bisa kirim. Berarti kendaraan itu patut diduga pakai gunakan plat nomor palsu," ucap Sambodo.

Penyebab lainnya bisa dipengaruhi dari kualitas gambar kamera e-TLE yang kurang maksimal. Hal ini bisa terjadi karena faktor cuaca atau gangguan teknis.

"Kedua ketika di-capture gambar blur karena mungkin ada getaran kalau di arteri semua kendaraan kecil di jalan tol banyak kendaraan besar jadi ketika ada truk besar melintas kamera goyang kemudian ketika ada kendaraan ter-capture hasil kendaraan blur," ungkapnya.

Akibatnya, jika tangkapan kamera e-TLE goyang pihaknya tidak bisa memastikan pelat nomor polisi kendaraan yang melanggar. Pihaknya akan terus memperbaiki tangkapan kamera e-TLE sehingga nantinya dapat dikirimkan surat tilang kepada pelanggar.

"Tidak bisa dipastikan pelat nomor. Maka itu tidak bisa dikirim surat tilang tentu satu dua tiga hari ini akan kami perbaiki terus mana yang gambarnya goyang mana yang capture nggak bisa diambil dan sebagainya," tutur Sambodo.

Lihat juga video 'Ngebut di Tol Bisa Ditangkap ETLE, Bagaimana yang Pelan?':

[Gambas:Video 20detik]



Baca hasil tilang elektronik di tol Jakarta, di halaman selajutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT