ADVERTISEMENT

MUI Kabupaten Bogor Usul Vaksinasi Corona Warga Berpuasa Digelar Malam

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 14:09 WIB
Logo MUI
Foto: Logo MUI. (detikINET/Agus Tri Haryanto)
Bogor -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor mengeluarkan maklumat tentang pelaksanaan ibadah selama Ramadan 1443 Hijriah di tengah penyebaran Covid-19. Salah satu poin maklumatnya, MUI Kabupaten Bogor mengusulkan agar vaksinasi Corona untuk umat Islam yang berpuasa digelar malam hari.

Usul vaksinasi umat Islam yang berpuasa digelar malam itu tertuang dalam Maklumat Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Bogor Nomor: MLM-01/DP-K.KABBOGOR/IV/2022, yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji dan Irfan Awaludin, tertanggal 3 April 2022.

Ada 6 poin utama dalam maklumat tersebut. Di mana, pada poin kedua MUI Kabupaten Bogor menyatakan pelaksanaan ibadah Ramadan yang melibatkan orang banyak boleh dilakukan secara normal.

"Ibadah Ramadan 1443 Hijriah, khususnya yang melibatkan orang banyak (salat Tarawih, tadarus, Iktikaf dan lainnya) di masjid, musala atau tempat umum lainnya dapat dilaksanakan secara normal (saf dirapatkan) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," demikian poin 2 Maklumat MUI Kabupaten Bogor.

Dalam maklumat dimaksud, warga Kabupaten Bogor juga diminta tetap mendukung mendukung pemerintah menjalankan program vaksinasi Covid-19 selama Ramadan. MUI Kabupaten Bogor memastikan vaksinasi Corona tak membatalkan puasa.

"Vaksinasi yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa, karena pada dasarnya vaksinasi tersebut adalah pemberian vaksin dengan cara
disuntikkan melalui otot. Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang sedang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya," begitu bunyi poin 3 huruf b Maklumat MUI Kabupaten Bogor.

Untuk pemerintah, MUI Kabupaten Bogor mengimbau agar program vaksinasi Corona diterapkan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa. Mereka mengusulkan agar vaksinasi untuk umat Islam yang berpuasa dilakukan pada malam hari.

"Pemerintah dapat melaksanakan vaksinasi Covid-19 di malam hari bulan Ramadan. Apabila pelaksanaan vaksinasi pada siang hari di saat berpuasa dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik," bunyi poin 3 huruf d Maklumat MUI Kabupaten Bogor.

Selain itu, umat Islam di Kabupaten Bogor juga diimbau tidak menggelar atau menghadiri sahur dan buka bersama. MUI Kabupaten Bogor juga mengingatkan umat Islam di wilayahnya agar tak menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya.

"Tidak mengakses dan atau menyebarkan informasi terkait dinamika umat Islam dan Covid-19 dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Biasakan untuk melakukan tabayun terlebih dahulu sebelum mempercayai dan atau menyebarkan sebuah informasi," demikian bunyi maklumat MUI Kabupaten Bogor pada poin 5.

Simak 6 poin Maklumat MUI Kabupaten Bogor di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Luhut Sebut Vaksinasi Booster Meningkat Gegara Jadi Syarat Mudik':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT