IDI Buka Peluang Mediasi dengan dr Terawan soal Pemecatan

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 00:48 WIB
Ketua Umum IDI Adib Khumaidi
Ketua Umum IDI Adib Khumaidi (Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan keputusan Muktamar ke -31 yang salah satunya memecat dr Terawan tetap dijalankan. Meski begitu, IDI nantinya akan membuka peluang mediasi sekaligus memberikan kesempatan dr Terawan untuk melakukan pembelaan.

"Iya jadi secara internal ketetapan muktamar tetap kita akan jalankan, tapi kemudian kita akan membuka forum untuk kemudian melakukan mediasi sekaligus forum pembelaan yang itu dikhususkan untuk itu," kata Adib kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senin (4/4/2022).

"Dan itu nanti kita akan secara internal kita akan bahas dalam ketentuan ketentuan AD/ART dan tata laksana organisasi," sambungnya.

Adib mengatakan pihaknya juga akan membangun komunikasi dengan beberapa pihak yang membantu mediasi antara IDI dengan Terawan. Adib mengapresiasi pihak yang ingin bantu mediasi demi kebaikan bersama.

"Jadi pertama, prosesnya adalah proses untuk kemudian secara internal akan disampaikan, kami akan bangun komunikasi pada banyak pihak yang juga akan mencoba bantu mediasi. Kita apresiasi semuanya, karena itu untuk kebaikan kita semuanya," jelas Adib.

Lebih lanjut, Adib menilai masih banyak tugas yang harus dilakukan oleh IDI terkait permasalahan kesehatan. Dia berharap persoalan ini tidak berlarut agar bisa fokus pada permasalahan pandemi yang masih belum selesai.

"Masih ada PR besar harus kita lakukan untuk terkait permasalahan kesehatan. Teman-teman dokter juga di seluruh Indonesia berharap ini tidak berlarut-larut," ujar Adib.

"Sehingga kita bisa fokus pada permasalahan kesehatan dan pandemi masih belum selesai dan itu juga jadi PR," imbuhnya.

Simak Video 'Video 'Pemecatan' dr Terawan Viral, IDI Bakal Investigasi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)