ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Tindak Lanjuti Nasib Ratusan Kios Lenggang IRTI Usai Penyidikan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 04 Apr 2022 23:15 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Nahda RU/detikcom)
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Nahda RU/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI bakal menindaklanjuti nasib ratusan kios Lenggang IRTI, Monas, Jakarta Pusat, yang terbakar. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti setelah penyidikan polisi selesai.

"Nanti kita tunggu dulu selesai hasil pemeriksaan penyidikan dari Polres, nanti kita akan rapatkan," kata Riza di Balai Kota Jakarta Pusat, Senin (4/4/2022).

Riza mengatakan Pemprov berkepentingan membangun kembali kios UMKM yang terbakar. Namun, menurut Riza, pihaknya harus memastikan terlebih dulu ketentuan hukumnya.

"Kita pastikan dulu secara hukum bagaimana. Tentu kami berkepentingan di situ UMKM bisa dibangun kembali untuk kepentingan masyarakat," imbuhnya.

Seperti diketahui, kebakaran di kawasan IRTI Monas pada Kamis, 31 Maret 2022 lalu, menghanguskan ratusan kios Lenggang. Hasil penyelidikan polisi mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut ternyata disengaja.

"Kita berkeyakinan bahwa kejadian kebakaran di IRTI sudah memenuhi sesuai dengan alat bukti sesuai KUHAP," ujar Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin (4/4).

"Saksi yang kita periksa saat kejadian sudah delapan orang saksi: pedagang, koordinator Kopkanas Pamdal Monas, dan pemilik kios awal titik api," jelasnya.

Dari hasil Labfor, ditemukan titik awal api di kios Dasril Lubis. Dari hasil analisis CCTV, polisi menetapkan seorang tersangka.

"Kita berkeyakinan, telah menetapkan seorang tersangka WST (29)," katanya.

Polisi menyita barang bukti dalam kejadian itu, yakni korek api, tas punggung cokelat yang dipakai tersangka, kaus warna cokelat, celana panjang, abu bekas pembakaran goreng, CCTV, dan HP.

(dek/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT