ADVERTISEMENT

Habib Bahar Akan Dihadirkan Langsung di Sidang Kasus Berita Hoax Besok

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Apr 2022 13:00 WIB
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith memegang bendera merah putih seusai menjalani sidang putusan di gedung Arsip dan Perpustakaan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). Majelis hakim menjatuhi hukuman kepada Bahar bin Smith tiga tahun penjara, denda Rp50 juta dan subsider satu bulan kurungan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Foto Habib Bahar bin Smith: (Antara Foto)
Jakarta -

Habib Bahar bin Smith akan dihadirkan langsung sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Bandung. Bahar akan menjalani sidang kasus penyebaran berita bohong.

"Iya (dihadirkan ke persidangan)" ujar Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri (PN) Bandung Entis Sutisna dilansir detikJabar, Senin (4/4/2022).

Lokasi persidangan juga tetap digelar di PN Bandung. Bahar akan datang langsung di ruang sidang.

"Tetap di PN Bandung," kata dia.

Sidang kasus berita bohong ini sejatinya berlangsung pada Selasa (5/3). Namun, Habib Bahar 'mogok' hadiri sidang jika dia tidak datang langsung ke PN Bandung.

Diketahui, Bahar akan didakwa terkait penyebaran berita bohong saat ceramah Maulid Nabi di Bandung. Selain Bahar, tersangka lain yakni Tatang Rustandi pengunggah video ceramah Bahar juga akan didakwa bersama.

Dalam perkara ini, Bahar dan juga pengunggah video dianggap melanggar Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1945 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat 1E KUHPidana.


Simak berita selengkapnya di sini

(zap/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT