Viral Perang Sarung di Bogor, 16 Remaja Ditangkap Polisi

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 03 Apr 2022 15:46 WIB
Ilustrasi tawuran
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Aksi perang sarung yang dilakukan dua kelompok remaja di Bogor viral di media sosial. Sebanyak 16 remaja yang terlibat dalam kejadian itu ditangkap polisi.

Dalam video itu, tampak dua kelompok remaja saling menyerang. Lokasi perang sarung terjadi di area persimpangan jalan. Tampak ada sejumlah remaja yang berlarian sambil mengayunkan sarung dan ada pula yang menggunakan sepeda motor.

Menanggapi hal itu, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Dhoni Erwanto menyebut ada 16 remaja yang ditangkap terkait kejadian tersebut. Aksi perang sarung itu disebut Dhoni terjadi di dua lokasi.

"Iya betul semalam ada 16 orang atau remaja yang kita amankan, itu di dua lokasi ya, pertama di Jalan Sholeh Iskandar, kemudian di Jalan Raya Tajur," ujar Dhoni kepada wartawan, Minggu (3/4/2022).

Menurut Dhoni, perang sarung yang digandrungi remaja it kini kian bergeser maknanya. Perang sarung justru dijadikan sarana untuk saling melukai dan mengeroyok.

"Perang sarung bagian dari tradisi bulan Ramadhan, namun saat ini perang sarung telah berubah konsep yang dulunya hanya bercanda menjadi ajang melukai, dan pengeroyokan hingga timbul korban luka," tutur Dhoni.

Lebih lanjut. Dhoni menyampaikan pihaknya telah melakukan upaya preventif guna kejadian serupa tidak terulang. Polisi mendirikan sebanyak 8 pos pengamanan untuk menjaga situasi tetap kondusif selama Bulan Ramadan.

"Polresta Bogor telah melakukan antisipasi kegiatan menjelang sahur. Pada jam-jam menjelang saur tradisi perang sarung sering terjadi," kata Dhoni.

"Penggelaran pasukan, kami siapkan 8 pos pengamanan untuk antisipasi kejahatan tawuran, termasuk juga pada jam sore hari, saat ngaburburit dan sebagainya. Patroli malam hari digiatkan untuk antisipasi tawuran dan kejahatan lainnya," Imbuhnya.

Simak juga 'Jaga Suasana Ramadan, Kapolda Metro Soroti Aksi Tawuran-Balap Liar':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/rak)