Salutnya Melanie Subono Lihat SOP Damkar Evakuasi Sarang Tawon-Tolak Uang

ADVERTISEMENT

Salutnya Melanie Subono Lihat SOP Damkar Evakuasi Sarang Tawon-Tolak Uang

Jabbar Ramdhani - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 22:51 WIB
Cerita petugas damkar menolak diberi uang usai mengevakuasi sarang tawon di rumah Melanie Subono didengar Gubernur DKI Anies Baswedan. Anies pun mengapresiasi. (Instagram @melaniesubono)
Foto: Cerita petugas damkar menolak diberi uang usai mengevakuasi sarang tawon di rumah Melanie Subono didengar Gubernur DKI Anies Baswedan. Anies pun mengapresiasi. (Instagram @melaniesubono)
Jakarta -

Penyanyi Melanie Subono mengaku salut pada cara kerja petugas pemadam kebakaran (damkar). Melanie telah menjadi 'pasien' damkar karena keberadaan sarang tawon di rumahnya.

Melanie mengaku membuat laporan ke pihak damkar sesuai prosedur yang dilakukan warga lainnya. Setelah laporan diterima, dia langsung terkesan dengan respons cepat dan standard operation procedure (SOP) yang diterapkan damkar.

"(Sejak) Mereka bikin laporan pertama, dan kasih tahu jam kapan akan sampai. Bahkan sampai pergi memberi tahu ke saya apa yang harus dilakukan next-nya kalau ada gimana-gimana. Menurut saya sih keren banget," kata Melanie kepada detikcom, Sabtu (2/4/2022).

Dia mengaku membuat laporan melalui WhatsApp (WA) dan tanpa membumbui laporan tersebut menggunakan popularitasnya.

Melalui akun Instagram @melaniesubono, dia bercerita sarang tawon itu berada di atas tempat anjing-anjingnya tidur.

Dia menyadari hal itu setelah salah satu anjingnya ribut dan kakinya bengkak. Setelah dibongkar, dia menemukan sarang lebah aktif di sejumlah titik.

Dia mengatakan sarang lebah itu beres dievakuasi dalam waktu 2 jam. Setelah itu, Melanie memberi sejumlah uang sebagai imbalan atau ucapan terima kasih yang diselipkan dalam stoples kue yang ditaruh di kursi depan mobil damkar.

"Saya pikir mereka sudah jalan. tiba-tiba masnya balik, 'Mbak, kita tidak boleh terima ini'. Dan menurut saya, itu bukan kecakapan mereka training evakuasi sarang tawon saja, nggak. Tapi ini yang namanya akhlak dan moral sih ke janji mereka, ke pekerjaan mereka gitu. Pelayan rakyat ya kaya begini menurut saya, saya terpukaunya begitu," ungkapnya.

"Mereka ngomong, 'kalau kue sih kita masih terima, Mba. Kita makan sama-sama. Kalau uang, harus kita kembalikan'. Dan benar-benar dikembalikan ke gue. Gokil sih," tambahnya.

Sikap damkar juga diapresiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Simak di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT