5 Kejadian Heboh Ikan 'Monster' Arapaima di RI: Pelepasnya Bisa Dipenjara

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 13:37 WIB
Ikan raksasa jenis Arapaima menghebohkan warga Kedaung Baru, Kota Tangerang, Jumat (1/4/2022).
Ikan raksasa menghebohkan warga Kedaung Baru, Kota Tangerang. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Penemuan ikan arapaima kembali bikin heboh setelah terjadi di Kelurahan Kedaung Baru, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Bukan hanya di Tangerang, ikan arapaima juga pernah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain memiliki ukuran yang besar, ikan arapaima dilarang di Indonesia. Sebab, ikan asal sungai Amazon ini tergolong buas.

Ikan ini bisa menjadi predator hewan-hewan yang hidup di air, sehingga keberadaannya bisa merusak rantai makanan dan akibatnya ekosistem menjadi tak seimbang lagi.

Pelepasan ikan arapaima ke alam terbuka pernah terjadi di daerah Jawa Timur (Jatim). BKSDA Jatim bahkan mengkaji menjerat pelepas arapaima ke alam bebas untuk dipenjara hingga 6 tahun.

Sifat rakus ikan ini juga membuat masyarakat menyebutnya sebagai ikan monster. Berikut 6 kejadian ikan arapaima yang menghebohkan warga.

Warga Tangerang Heboh Lihat Ikan Raksasa Arapaima

Kehebohan ikan arapaima di Tangerang berawal dari viralnya video di media sosial pada Jumat (1/4). Dalam video itu, ikan arapaima terlihat diletakkan di atas karung berwarna putih.

Ikan itu terlihat dikelilingi warga, yang kerap menyebut ikan itu sebagai ikan monster. Ikan itu disebut ditemukan warga di sekitar Kali Cisadane.

Ternyata, ikan tersebut dimiliki pemilik usaha sandal, Aheng, yang diberikan kepada salah seorang warga. Ikan itu diberikan lantaran sering berkelahi dengan ikan peliharaan lainnya.

Warga bernama Musat alias Ucat yang menerima ikan tersebut meluruskan kabar viral yang menyebut ikan ditemukan di sungai. Dia mengaku diberi ikan raksasa tersebut oleh pemiliknya bernama Aheng.

"Saya mohon maaf kepada masyarakat karena viral di medsos ya, karena itu bukan ikan penemuan di Kali Cisadane, dikasih sama orang, terus karena orang banyak pada foto-foto, mungkin di-upload di medsos," kata Musat saat ditemui di rumahnya di Kedaung Baru, Kota Tangerang.

Ikan Arapaima Hebohkan Lhokseumawe Aceh

Video dan foto memperlihatkan temuan ikan berukuran besar di Lhokseumawe, Aceh, viral di media sosial. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) turun tangan melakukan pengecekan.

Dalam salah satu foto yang beredar, ikan itu tampak diangkat ke atas dari sebuah saluran. Beberapa pria berusaha menarik ikan dari air.

Foto lain memperlihatkan ikan tersebut diangkut menggunakan becak mesin. Ada juga video saat warga melihat ikan 'raksasa' itu.

"Ikan apa itu? Putri duyung, ya. Bukan ikan kayaknya itu, putri duyung," kata seorang pria dalam video menggunakan bahasa Aceh.

Bila dilihat sekilas, ikan tersebut mirip dengan ikan arapaima. Namun BKSDA masih perlu melakukan pengecekan.

"Sepertinya (arapaima), tapi perlu dicek kembali. Saya minta kepala seksi koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto saat dimintai konfirmasi, Rabu (5/1).

Simak di halaman berikutnya....

Simak juga Video: Detik-detik Kapal Ikan Filipina Tepergok Curi Ikan di Laut Sulawesi

[Gambas:Video 20detik]