Viral Turis Nyalakan Petasan di Pulau Kalong TN Komodo, Berujung Diperiksa!

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 18:04 WIB
Wisatawan nyalakan kembang api di TN Komodo diperiksa
Wisatawan menyalakan kembang api di TN Komodo diperiksa (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Viral video sejumlah wisatawan di atas kapal tengah berwisata di Taman Nasional (TN) Komodo menyalakan petasan di kawasan konservasi tepat di jalur kelelawar terbang. Wisatawan tersebut beserta rombongan kini tengah diperiksa di Balai TN Komodo.

"Proses pemeriksaan terhadap pelaku yang menyalakan petasan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Jumat (1/4/2022).

Berdasarkan laporan yang diterima dari Balai TN Komodo, Siti menyampaikan peristiwa tersebut terjadi di Pulau Kalong, Kamis (31/3) pukul 17.00 Wita. Saat petugas mengecek ke lokasi, kapal yang ditumpangi wisatawan tersebut telah berpindah tempat.

"Kembang api dinyalakan pada senja hari, saat kalong sedang keluar dari sarang tempat tinggalnya di Pulau Kalong," ujarnya.

Balai TN Komodo kemudian mencari tahu identitas pemilik kapal untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut. Balai TN Komodo kemudian memeriksa pemilik kapal hingga wisatawan hari ini.

"Melakukan pemeriksaan kepada pemilik kapal, kapten kapal, pemandu wisata/guide, dan wisatawan yang bersangkutan. Pada saat ini masih berlangsung proses pemeriksaan," ucapnya.

Sosialisasi terkait larangan penggunaan kembang api sudah dilakukan pihak Balai TN Komodo. Sosialisasi dilakukan melalui media sosial.

(dek/imk)