Pembelaan Yasonna untuk Terawan hingga Usul Revisi UU soal Kedokteran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 07:50 WIB
Menkumham Yasonna Laoly (Dok Kemenkumham)
Foto: Menkumham Yasonna Laoly (Dok Kemenkumham)
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dipecat sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly membela Terawan dan mengusulkan revisi Undang-undang (UU) kedokteran.

Pemecatan terawan dari keanggotaan IDI berdasarkan keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Keputusan itu disampaikan dalam Muktamar Ke-31 IDI yang digelar di Aceh.
Terawan pun tidak diizinkan melakukan praktik kedokteran. Hal itu dikonfirmasi Ketua Panitia Muktamar Ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa, Sabtu (26/3).

"Iya (dipecat), dari hasil muktamar yang kami terima ya. Dari hasil yang kita terima yang diserahkan panitia memang begitu, (sesuai) MKEK iya," kata dr Nasrul Musadir Alsa.

Hubungan Terawan dan IDI diketahui sempat 'panas-dingin'. Hubungan 'panas-dingin' itu terjadi sejak munculnya terapi cuci otak.

Yasonna Bela Terawan

Yasonna menyayangkan pemecatan Terawan Agus Putranto dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Yasonna mengaku telah banyak dibantu oleh Terawan, salah satunya untuk mendapatkan vaksin Nusantara.

"Sebelum gonjang ganjing keputusan IDI tentang Pemberhentian permanen Let. Jend. TNI (Purn) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad sebagai anggota IDI, tanggal 3 Maret 2022 yang lalu, saya sangat beruntung mendapat treatment Vaksin Nusantara (Vaknus) dari Dr. Terawan," kata Yasonna, dikutip dari akun Instagram resminya, @yasonna.laoly, Rabu (30/3).

Yasonna mengaku tidak meragukan kredibilitas Terawan sebagai dokter. Yasonna sendiri tidak mendapatkan efek samping dari pemakaian vaksin Nusantara, bahkan ia merekomendasikan dua temannya diterapi oleh Terawan.

"Oleh karena kredibilitas dan keahlian Dr. Terawan yang tidak saya ragukan, sejak lama saya sangat berminat untuk Vaksin Nusantara. Saya tahu banyak pejabat tinggi negara yang sudah menerima suntikan Vaknus dari Dr. Terawan, serta sangat meyakini keampuhannya. I feel great!!! No doubt about it!" kata Yasonna.

"Pada saat yang sama, saya membawa dua orang teman yang ingin mengikuti treatment DSA dari Dr Terawan. Sahabat saya tersebut sangat tertarik karena kesaksian dari beberapa teman yang telah pernah mendapat treatment DSA. Setelah mendapat treatment DSA dari Dr. Terawan, seminggu kemudian saya tanya kepada mereka, bagaimana hasilnya? Mereka berdua mengatakan super dan mantap, dan merekomendasi saya untuk DSA," imbuhnya.

Baca berita selengkapnya di halaman berikut