Buka-bukaan Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode soal Luhut di Dewan Pembina

ADVERTISEMENT

Buka-bukaan Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode soal Luhut di Dewan Pembina

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 07:11 WIB
LUHUT BINSAR PANDJAITAN
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Ardian Fanani)

Kehadiran Luhut di Acara Apdesi Sempat Dipertanyakan

PKS sempat menyoroti kehadiran Luhut di acara silaturahmi Apdesi. Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Mardani Ali Sera menilai semestinya acara silaturahmi para kepala desa itu dihadiri kementerian terkait, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Iya mestinya kementerian terkait hadir mendampingi. Jadi pertanyaan kenapa tidak ada," kata Mardani Ali Sera kepada wartawan, Rabu (30/3).

Sebagai informasi, Apdesi dibentuk untuk menampung aspirasi Kepala Desa dan perangkat desa, baik yang aktif maupun yang sudah purnabakti. Apdesi bermitra dengan Kemendagri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kemendagri berada di bawah tanggung jawab Kemenko Polhukam. Sementara Kemendes PDTT berada di bawah tanggung jawab Kemenko PMK

Dia heran karena acara tersebut justru dihadiri menteri lain. Dia menilai kehadiran Luhut dalam konteks acara tersebut tak bijak dan tak proporsional.

"Justru malah kementerian lain. Ini tidak bijak dan tidak proporsional," ujarnya

Teriakan Jokowi 3 Periode di Acara Apdesi

Teriakan dukungan Joko Widodo (Jokowi) 3 periode menggema dalam acara silaturahmi Apdesi pimpinan Surta Wijaya yang digelar di Istora Senayan, Selasa (29/3). Dalam acara tersebut, muncul usulan 'Jokowi 3 Periode' hingga usulan agar Luhut Binsar Pandjaitan menjadi presiden setelah Jokowi.

Dilansir CNNIndonesia, Selasa (29/3), perwakilan desa dari Provinsi Aceh bernama Muslim meneriakkan 'Jokowi 3 Periode' dalam Silaturahmi Nasional Desa 2022 itu. Pernyataan itu disampaikan saat bicara dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Muslim mengawali dengan menjelaskan kondisi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dia berharap Jokowi bisa memindahkan kantor pengurus TNGL dari Medan ke Aceh.

Muslim memohon Luhut menyampaikan aspirasi itu kepada Jokowi. Di akhir pernyataan, Muslim menyerukan Jokowi 3 periode.

"Tolong ini sebagai permintaan kami kepada Bapak. Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode, setuju?" kata Muslim berteriak.

"Setuju!" kata sebagian peserta sembari berteriak. Luhut tak langsung merespons seruan tersebut.


(haf/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT