Terobosan Jenderal Andika: Hapus Tes Keperawanan-Keturunan PKI Bisa Masuk TNI

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 16:48 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memperbolehkan anak keturunan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) ikut seleksi TNI. Terobosan ini bukan yang pertama kalinya. Jenderal Andika juga pernah membuat sejumlah terobosan lain.

Sejak menjadi KSAD, Jenderal Andika telah membuat berbagai terobosan. Dari soal penghapusan tes keperawanan bagi calon Komando Wanita Angkatan Darat (Kowad) hingga merancang seragam TNI AD. Terbaru, Jenderal Andika memperbolehkan keturunan PKI menjadi calon Prajurit TNI.

Dirangkum detikcom, Kamis (31/2022), berikut daftar terobosan Jenderal Andika sejak menjadi KSAD hingga Panglima TNI.

1. Pengadaan Kendaraan Dinas untuk Prajurit TNI AD

Saat menjadi KSAD, Andika Perkasa pernah memperjuangkan kendaraan dinas untuk prajurit. Dia menyerahkan 547 kendaraan dinas kepada prajurit TNI Angkatan Darat (AD). Sebanyak 309 unit di antaranya adalah mobil dinas.

"Kami di sini di Markas Besar pasti memikirkan semuanya, berusaha yang terbaik untuk menyiapkan apa yang mungkin begitu lama yang tak pernah ada. Ini baru tahun 2020, tahun 2021 lebih banyak dari 2020," kata Andika dalam sambutannya saat menyerahkan mobil dinas di Mabes AD dalam siaran kanal YouTube TNI AD, Sabtu (1/5/2021).

"Saya hanya titip kalau ini tahun ini mobilnya 309 unit, kemudian sisanya motor. Sehingga semuanya 547, tahun depan lebih banyak. Tetapi memang itulah yang bisa kita lakukan. Saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan," lanjutnya.

Jenis mobil yang diberikan kepada prajurit modelnya beragam. Seperti Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Expander, hingga Toyota Land Cruiser.

"Sudah siap ini, untuk penyerahan kunci nggak usah. Tapi saya ingin yang Land Cruiser Prado, coba langsung dibawa pulang, siap nggak dibawa pulang? Langsung siap, nggak mau nunggu sebulan lagi. Mau langsung? (Langsung). Sekarang juga segera menuju ke kendaraan masing-masing langsung bawa pulang," kata Andika.

Apa lagi terobosan Jenderal Andika? Silakan klik halaman selanjutnya.

Simak Video: TNI AD Juga Revisi Standar Tes Kesehatan Gigi

[Gambas:Video 20detik]