Round-Up

Menguat Nama Jenderal Andika Perkasa di Bursa Panglima

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 06:53 WIB
Komisi I DPR menggelar rapat bersama Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. KSAD Jenderal Andika Perkasa juga hadir dalam rapat tertutup tersebut.
Jenderal Andika Perkasa (Foto: ANDHIKA PRASETIA/detikcom)
Jakarta -

Nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa menguat di bursa calon Panglima TNI. Seperti diketahui, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan meninggalkan kursi Panglima TNI pada November mendatang lantaran memasuki masa purnabakti.

"Insha Allah....semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon dalam pesan singkat, Jumat (3/9/2021).

Tak hanya Effendi Simbolon, anggota Komisi I lainnya yakni Syarief Hasan juga berpendapat serupa. Menurut Syarief rekam jejak dan torehan prestasi Andika Perkasa menonjol dibanding tiga kepala staf lainnya.

Untuk diketahui tiga kepala staf TNI selain Andika adalah Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono; Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Fadjar Prasetya; dan Kepala Staf Umum, Letjen Eko Margiyono.

"Dari empat kepala staf, memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya. Kelihatan sekali menonjol, dan mudah-mudahan yang terbaiklah yang diserahkan Presiden," ujar Syarief Hasan.

Catatan detikcom, Andika beberapa kali disorot pemberitaan. Semisal saat membuka masalah kesehatan Serda Aprilio Perkasa Manganang yang selama hidupnya beridentitas perempuan dengan nama Aprilia Santini Manganang.

Andika menjelaskan dengan terbuka kelainan yang diderita salah satu prajuritnya itu dan mengobati Serda Aprilio hingga sembuh. Dia pun membantu proses migrasi identitas dari jenis kelamin perempuan ke laki-laki Serda Aprilo Manganang.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya