ADVERTISEMENT

Apdesi Pendukung Jokowi 3 Periode Bantah Catut Organisasi Lain

Zhacky - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 13:36 WIB
Acara Silatnas Apdesi di Istora Senayan
Acara Silatnas Apdesi pimpinan Surta Wijaya di Istora Senayan, Jakarta (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) pimpinan Surta Wijaya membantah mencatut nama Apdesi yang dipimpin Arifin Abdul Majid. Surta mengaku bersahabat dengan Arifin Abdul Majid.

"Saya tidak mengatasnamakan organisasi yang diketuai sahabat saya Arifin," kata Surta Wijaya saat dimintai konfirmasi, Kamis (31/3/2022).

Surta menjelaskan Apdesi yang dipimpinnya resmi terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan memiliki mekanisme seperti organisasi pada umumnya. Dia mengaku tak ingin berpolemik dengan Apdesi pimpinan Arifin.

"Saya sebagai Ketua Umum Apdesi hanya menjalankan organisasi yang pada Apdesi kami yang terdaftar di Kesbangpol (Kemendagri) dan terpilih, berdasarkan peraturan organisasi ada munas, pelantikan, rakernas. Tahapan ini sudah semua dijalankan oleh Apdesi yang saya ketuai. Saya tidak mau berpolemik dengan sahabat saya Ipin itu," papar Surta.

"Dan saya yakin Kang Ipin sahabat saya itu baik, dan sudah jelas dijelaskan oleh Mendagri," imbuhnya.

Lebih jauh Surta mengaku bertanggung jawab atas aspirasi para kepala daerah yang tergabung dalam Apdesi yang dipimpinnya. Dia mengklaim aspirasi terkait peningkatan kesejahteraan yang dibawanya diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau saya mengadakan silatnas, itu mata rantai dari penyampaian aksi damai beberapa bulan yang lalu, karena saya kades aktif, maka saya harus perjuangkan hak-hak desa yang dilindungi oleh UU Nomor 6 Tahun 2014 itu," ucap Surta.

"Alhamdulillah aspirasi saya diterima oleh Pak Presiden. Ya sudah, bagi saya para kades dan perangkat desa bersyukur sekali dengan diterimanya usulan kami oleh Presiden," imbuhnya.

Seperti diketahui, teriakan dukungan Joko Widodo (Jokowi) 3 periode menggema dalam acara silaturahmi Apdesi pimpinan Surta Wijaya yang digelar dua hari lalu. Setelah itu, ada lagi organisasi bernama Apdesi yang dipimpin oleh Arifin Abdul Majid.

Pihak Kemendagri menjelaskan Apdesi pimpinan Surta berbeda dengan yang dipimpin Arifin. Perbedaan juga terdapat pada nama kedua organisasi itu. Namun anggotanya serupa, yakni para kepala desa.

"Kami jawab soal organisasinya. Kedua ormas tersebut berbeda. Akta notarisnya berbeda. 1. Perkumpulan APDesi (Assosiasi...) 2. DPP Apdesi (Asosiasi.. huruf s nya cuma satu)," kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, Kamis (31/3).

Simak Video 'Jokowi Pilih Taat Konstitusi Saat Teriakan 3 Periode 'Menggema' di Sana-sini':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT