ADVERTISEMENT

Apdesi Teriakkan 'Jokowi 3 Periode', PDIP Singgung Ada Mobilisasi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 13:25 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) disorot karena meneriakkan 'Jokowi 3 periode'. PDIP menuding ada mobilisasi terkait teriakan itu.

Hal itu diungkapkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/3/2022). Hasto awalnya berbicara terkait pertemuannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pagi ini. Hasto terkejut dengan sajian yang diberikan saat berbincang.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sosok yang konsisten di dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan contoh positif. Sarapan beliau ternyata dari jagung, pisang, umbi-umbian, dan ketela pohon. Semua direbus dan hadirlah menu makanan yang sehat," ujar Hasto.

Hasto mengatakan hal itu berkaitan dengan seruan beliau agar bangsa Indonesia berdikari dalam bidang pangan. Dia mengatakan Megawati menyerukan agar bangsa Indonesia menghadirkan makanan yang bisa ditanam dan diolah sendiri oleh rakyat.

"Seruan Ibu Mega untuk menghadirkan kembali varian makanan yang bisa ditanam dan diolah sendiri oleh masyarakat, termasuk kemampuan memproduksi minyak goreng dari kelapa, ternyata sebagai jawaban strategis, bagaimana Indonesia bangga dengan makanan nusantaranya yang begitu beragam dan jika dikelola baik oleh ahli gizi dan tata boga, bisa memenuhi standar makanan yang sehat. Ketika seluruh desa bergiat menanam tanaman yang bisa dimakan, termasuk membuat minyak sendiri dari kelapa, dan hal tersebut dilakukan secara masif, itu merupakan langkah konkret untuk melawan kapitalisme," ujar Hasto.

Hasto juga menyinggung terkait kelangkaan minyak goreng. Dia mengatakan kelangkaan minyak goreng berbasis CPO dan penggorengan harga yang mencekik rakyat merupakan praktik kapitalisme. Dia menyebut ada yang mengendalikan distribusi demi kepentingan pemburu rente dan berkolusi dengan oknum pejabat hingga minyak goreng langka.

"Berbagai praktik kapitalisme sebagai nafsu mencari keuntungan tersebut harus dihadapi dengan menghadirkan struktur ekonomi yang berkeadilan di mana rakyat menjadi pelaku utama perekonomian nasional," ujarnya.

Hasto lantas menyampaikan pesan Megawati yang meminta seluruh kepala daerah dari PDIP untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi melakukan riset dan inovasi. Hal itu guna meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi rakyat, agar berdampak langsung bagi kemajuan perekonomian desa.

"Krisis minyak goreng memberi pelajaran penting agar desa bangkit dan berdaulat dalam bidang pangan, melalui cara-cara berdikari yang dijalankan dengan cara gotong royong," kata Hasto.

Termasuk para kepala desa yang belakangan ini disorot seusai gelaran forum Apdesi beberapa hari lalu di Istora Senayan. Untuk diketahui, dalam forum itu para kepala desa meneriakkan 'Jokowi 3 periode'.

Hasto meminta para kepala desa mendorong kemajuan di desa masing-masing. Bukan malah menyampaikan aspirasi yang melanggar konstitusi.

"Mendorong kemajuan desa jauh lebih penting sebagai tugas kepala desa dibandingkan tindakan sebagian kepala desa yang sekadar menyuarakan aspirasi yang dimobilisasi terkait dengan isu-isu politik yang berpotensi melanggar konstitusi," ujarnya.

Simak Video 'PPP Sebut Apdesi Rugikan Jokowi karena Teriakan 3 Periode':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT