Jokowi Hargai Papua Nugini Hormati Kedaulatan RI, Singgung Kerja Sama

ADVERTISEMENT

Jokowi Hargai Papua Nugini Hormati Kedaulatan RI, Singgung Kerja Sama

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Kamis, 31 Mar 2022 12:46 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri melakukan pertemuan bilateral dengan PM Papua Nugini James Marape bersama delegasi di Istana Kepresidenan Bogor. Sejumlah hal dibahas, mulai sektor perdagangan hingga peningkatan kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan.

Jokowi dan James menyampaikan pernyataan bersama seusai pertemuan di Istana Bogor seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (31/3/2022). Jokowi menghargai konsistensi sikap Papua Nugini dalam menghormati kedaulatan Indonesia.

"Saya bersyukur di tengah pandemi kita terus bekerja untuk memperkokoh kerja sama bilateral kedua negara dan saya menghargai konsistensi sikap PNG dan Perdana Menteri Marape dalam menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia. Prinsip ini penting untuk terus dihormati dan dilaksanakan oleh semua negara secara konsisten," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pertemuan berlangsung dalam suasana bersahabat dan produktif. Salah satu yang dibahas mengenai kerja sama di sektor perdagangan.

"Kami menyambut baik peningkatan perdagangan kedua negara pada 2021, yang naik sebesar 87 persen dibandingkan tahun sebelumnya atau lebih tinggi dari nilai perdagangan sebelum pandemi. Hal ini memberikan harapan dan optimisme terhadap pemulihan ekonomi pasca pandemi dan saya percaya masih banyak peluang yang ditingkatkan," ujar Jokowi.

"Untuk itu, Indonesia juga siap membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan denyut nadi ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan," imbuh Jokowi.

Kerja Sama Konektivitas

Poin kedua yang dibahas dalam pertemuan Jokowi dan James adalah penguatan konektivitas di antara kedua negara. Jokowi berharap perusahaan Indonesia bisa ikut membangun infrastruktur di Papua Nugini.

"Kami juga bertukar pandangan mengenai pentingnya memperkuat konektivitas di antara kedua negara baik di darat, di laut maupun di udara. Dan juga saya berharap akan terbuka bagi perusahaan-perusahaan konstruksi Indonesia untuk membangun sarana konektivitas dan infrastruktur di Papua Nugini," ujar Jokowi.

Kerja sama pertahanan juga disinggung dalam pertemuan Jokowi dengan James. Jokowi berharap kerja sama pengembangan potensi industri pertahanan Indonesia semakin terbuka.

"Saya berharap implementasi perjanjian kerja sama di bidang pertahanan akan semakin membuka kesempatan pertahanan bagi kerja sama militer di antara kedua negara. Hal ini termasuk potensi kerja sama mencakup industri pertahanan Indonesia," imbuh Jokowi.

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut adalah kerja sama di sektor kesehatan. Jokowi menyinggung minat perusahaan farmasi Indonesia memasarkan produk di Papua Nugini.

"Mengenai kerja sama kesehatan Indonesia dan Papua Nugini, saya menyampaikan Indonesia siap mendukung upaya Papua Nugini untuk memperkuat ketahanan nasionalnya di bidang kesehatan melalui kemitraan otoritas obat dan makanan kedua negara dan juga perusahaan farmasi Indonesia juga menunjukkan minat untuk masuk memasarkan produknya di pasar Papua Nugini," beber Jokowi.

Kerja Sama dengan Negara Pasifik

Terakhir, Jokowi menyampaikan mengenai peningkatan kerja sama dengan negara-negara di Pasifik. Selain itu, Jokowi membeberkan perhatian Indonesia terhadap negara Pasifik di G20.

"Kami juga membahas sinergi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dengan negara-negara pasifik selatan, termasuk bidang pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, energi terbarukan, kelautan, manajemen penanggulangan bencana yang menjadi tantangan negara-negara kepulauan di Pasifik. Perhatian Indonesia terhadap negara Pasifik antara lain diwujudkan dengan diundangnya perwakilan Pasifik, PIF, dalam KTT G20," tutur Jokowi.

Tonton juga Video: PPP Sebut Apdesi Rugikan Jokowi Karena Teriakan 3 Periode

[Gambas:Video 20detik]




(knv/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT