ADVERTISEMENT

KPK Soroti Banyak OTT Bikin Tunggakan Kasus Lawas Menumpuk

M Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 19:40 WIB
Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto
Deputi Penindakan KPK Karyoto (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Deputi Penindakan KPK Karyoto menyebut banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) membuat tunggakan perkara lawas di KPK mangkrak. Dia mencontohkan kasus yang menjerat mantan Gubernur Riau Annas Maamun.

Annas Maamun awalnya dijerat KPK pada 2014 hingga akhirnya bebas pada 2020. Namun sebenarnya Annas Maamun dijerat KPK pada kasus lain pada 2015, tetapi belum dituntaskan hingga membuat Karyoto angkat bicara.

"Yang jelas memang antara proses tersangka pertama dan yang sekarang itu hampir 7 tahun ya dari 2015 sampai 2022," kata Karyoto dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (30/3/2022).

Lantas Karyoto mengatakan bila banyaknya OTT membuat banyak kasus lawas tak tertangani. Namun dia memastikan perkara-perkara yang mangkrak di KPK akan dituntaskan.

"Ini memang kendala kita kemarin-kemarin di Kedeputian Penindakan pada saat itu memang crowded, kalau kita banyak tangkapan OTT ya seperti ini, ending-nya seperti ini," ucap Karyoto.

Sebelumnya, Annas Maamun dijemput paksa KPK. Sejak menyandang status tersangka pada 2015, Annas Maamun baru ditahan saat ini berkaitan dengan suap atas pengesahan RAPBD-P tahun anggaran 2014 dan RAPBD tahun anggaran 2015 di Provinsi Riau.

(dhn/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT