Dukung Tilang Elektronik, Jasa Marga Pasang 25 Speed Camera di Tol

ADVERTISEMENT

Dukung Tilang Elektronik, Jasa Marga Pasang 25 Speed Camera di Tol

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 18:30 WIB
Foto udara kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang - Jagorawi, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021). Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR mencatat sebanyak 648.669 kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui jalan tol sepanjang 17–20 Desember 2021 . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi Jalan Tol (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Polri memberlakukan tilang elektronik (e-TLE) pelanggaran batas kecepatan maksimum dan muatan di sejumlah ruas jalan tol. Jasa Marga selaku pengelola jalan tol mendukung penuh kebijakan tersebut.

"Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan penindakan tilang elektronik di jalan tol yang akan dilaksanakan oleh pihak kepolisian," kata Corporate Communication &Community Development Group Head PT Jasamarga, Dwimawan Heru, kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

Heru mengatakan penerapan tilang elektronik di jalan tol grup Jasa Marga berlaku di sejumlah ruas. Untuk pelanggaran batas kecepatan ada tujuh speed camera yang nantinya bakal mengawasi tiap kendaraan.

Sebaran kamera pengintai itu berada di Tol Jakarta-Cikampek, Tol Layang MBZ, Tol Layang Dalam Kota. Kamera tersebut juga tersebar di Tol Sedyatmo dan Kunciran-Cengkareng.

'Sesuai koordinasi dengan pihak kepolisian, tahap awal penerapan tilang elektronik untuk kendaraan over speed akan dimulai di kelima ruas jalan tol tersebut. Untuk tahapan selanjutnya yang saat ini tengah dikoordinasikan, Korlantas akan memproses integrasi sistem e-TLE dengan seluruh speed camera yang dimiliki oleh Jasa marga, yaitu total 25 unit," ujar Heru.

Sedangkan untuk mengawasi batas maksimum muatan kendaraan, kamera e-TLE bakal tersebar di Tol JORR Seksi E dan Tol Jakarta-Tangerang.

"Kami berharap pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan tol berkurang sehingga meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol," katanya.

Batas kecepatan maksimum dan muatan kendaraan diawasi 24 jam, simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT