ADVERTISEMENT

Survei SMRC: Kepuasan terhadap Jokowi Drop ke 64,6%

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 17:46 WIB
Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei kepuasan masyarakat atas kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, 64,6 persen responden puas atas kinerja Jokowi.

Survei tersebut diselenggarakan pada 13-20 Maret 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, atau yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Survei dilakukan dengan wawancara terhadap 1.220 responden yang dipilih secara random atau multistage random sampling. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut masyarakat ditanya terkait kepuasan secara umum atas kinerja Jokowi. Hasilnya, 64,6 persen puas sedangkan 32,2 persen tidak puas terhadap kinerja Jokowi.

Berikut hasil survei kepuasan atas kinerja Jokowi:

- Sangat puas 14,8%
- Cukup puas 49,9%
- Kurang puas 26,3%
- Tidak puas sama sekali 6%
- TT/TJ 3,1%

Hasil survei menunjukkan kinerja Presiden Jokowi masih dinilai positif di mata publik pada umumnya. Itu terbukti dari masih tingginya angka kepuasan masyarakat dibanding ketidakpuasan masyarakat atas kinerja Jokowi.

Namun angka kepuasan 64,6 persen tersebut menurun cukup signifikan dibanding dengan survei kepuasan pada Maret 2021. Saat itu kepuasan terhadap kinerja Jokowi berada di angka 77 persen.

Simak video 'Indikator Politik: 61,6% yang Puas Kinerja Jokowi Ingin Pemilu Tepat Waktu':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT