Pupuk Indonesia Grup Borong 20 Penghargaan Bidang Kehumasan

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 11:45 WIB
Pupuk Indonesia Raih Penghargaan
Foto: Pupuk Indonesia
Jakarta -

PT Pupuk Indonesia (Persero) dan anak perusahaannya meraih 20 penghargaan dalam ajang Public Relation (PR) Indonesia Award 2021. Adapun Pupuk Indonesia sebagai induk perusahaan memperoleh enam kategori penghargaan.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menyebut penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi publik terhadap kinerja kehumasan atau komunikasi korporat Pupuk Indonesia. Aspek komunikasi, kata Wijaya, belakangan menjadi sangat penting terlebih perusahaan saat ini tengah menjalankan program transformasi bisnis dan berada di era pandemi COVID-19 yang penuh tantangan.

"Penghargaan adalah bentuk pengakuan publik atas upaya perusahaan dalam mengoptimalkan berbagai saluran komunikasi untuk menyampaikan informasi penting terkait bisnis dan operasional perusahaan dalam setahun terakhir," jelas Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

Keenam penghargaan yang diraih Pupuk Indonesia, antara lain Sub Kategori Website, Manajemen Pra-Krisis, Annual Report, Sustainability Report, PR Digital 'Fertinnovation Challenge', serta Terpopuler di Media Cetak Kategori BUMN Non Tbk.

Anak perusahaan Pupuk Indonesia turut mendapatkan penghargaan, di antaranya PT Pupuk Sriwidjadja Palembang pada sub kategori Website, PT Pupuk Kujang Cikampek pada sub kategori Video Profile dan Media Sosial, PT Pupuk Kalimantan Timur pada kategori Sustainability Report, dan PT Petrokimia Gresik pada sub kategori Brand Guideline, Community Based Development, Sustainability Business (2 award), E-Magazine, Marketing PR, Media Cetak, Website, Terpopuler di Media Cetak Anper BUMN, pemenang PR Indonesia Award 2022, sekaligus kategori Platinum anak usaha BUMN.

Dalam penilaiannya, PR Indonesia Award 2022 menggunakan metode penilaian komprehensif dengan melibatkan juri dari berbagai kalangan, terdiri dari praktisi PR senior, akademisi, jurnalis terkemuka, hingga PR Gurus. Metode penilaian mulai dari penyusunan proposal, presentasi, hingga tanya jawab. Penghargaan diberikan kepada perusahaan BUMN, kementerian, lembaga, anak usaha BUMN/D, perusahaan daerah, swasta, hingga pemerintah daerah.

Wijaya mengatakan program ini dapat menjadi ajang untuk menguji efektivitas program komunikasi perusahaan. Sekaligus sebagai bentuk evaluasi, karena dalam proses penilaiannya perusahaan menerima banyak masukan dari dewan juri untuk meningkatkan kualitas program komunikasi di masa depan.

"Semoga ke depan kualitas program komunikasi Pupuk Indonesia grup dapat semakin lebih baik, sehingga kami dapat menyampaikan informasi secara lebih efektif lagi," ujar Wijaya.

(ncm/ega)