ADVERTISEMENT

AHY Masuk 4 Besar di Survei Dinilai karena Rajin Sosialisasi

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 08:35 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di acara Partai Demokrat yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/3/2022).
Agus Harimurti Yudhoyono (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Elektabilitas Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024 melejit hingga masuk 4 besar pada survei yang dilakukan Median. Aktifnya AHY untuk sosialisasi dinilai sebagai faktor penting meningkatnya elektabilitas putra Susilo Bambang Yudhoyono itu.

"AHY ini aktif sekali, rajin sosialisasi dan ini menjadi salah satu faktor yang memang mempengaruhi," ujar pengamat politik dari KedaiKOPI Hendri Satrio (Hensat) kepada detikcom, Selasa (29/3/2022).

Menurut Hendri, ada faktor SBY di balik melejitnya elektabilitas AHY. Masyarakat, jelas Hensat, akan selalu membanding-bandingkan pemerintahan Jokowi dengan SBY.

"SBY sekarang yang menjadi muka dari Demokrat dan SBY adalah AHY. Maka AHY bisa ke situ (masuk 4 besar)," lanjut Hensat.

Selain itu, Hensat menilai ada pergeseran kriteria calon presiden dari masyarakat. Semula masyarakat menginginkan presiden itu harus merakyat, lalu cerdas.

Namun, saat ini, polanya berganti. Nomor 1, presiden itu harus cerdas, lalu selanjutnya merakyat.

"Saya rasa masyarakat melihat AHY ada di dalam 2 kriteria itu, cerdas dan merakyat. Kalau nggak hati-hati Ganjar Pranowo juga bisa kesalip. Apalagi dengan kasus Wadas dan lain-lain ini bisa membuat Ganjar Pranowo terpuruk," imbuh Hensat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengkritisi survei yang menyebutkan elektabilitas AHY masuk 4 besar. Sebab biasanya elektabilitas AHY selalu di bawah Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

"Ada 2 hal kontras hasil survei Median dibandingkan survei yang tergabung dalam Persepsi (Perkumpulan Opini Publik Indonesia). Pertama, Anies di atas Ganjar. Kedua, AHY masuk 4 besar. Tentu hanya Median yang bisa merasionalisasikan ini semua," imbuh Adi.

Selain itu, Adi menyorot metodologi yang digunakan lembaga survei Median. "Di survei median tidak disebutkan metodologi surveinya, apakah tatap muka atau by phone karena akan berpengaruh pada hasil. Survei by phone biasanya bias kalangan menengah," tegasnya.

Survei Median

Ada yang menarik dari survei Median, salah satunya elektabilitas Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di atas Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Survei Median ini digelar pada 1-7 Maret 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Adapun jumlah responden yang diwawancara sebanyak 1.200 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error kurang-lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei Median memang terekam urutan pertama hingga ketiga elektabilitas diisi oleh tokoh yang sama, yakni Prabowo Subianto (20,1%), Anies Baswedan (14,4%), dan Ganjar Pranowo (13,1%). Namun ada yang menarik pada posisi keempat, yakni nama AHY berada di atas RK dan Sandiaga Uno, yang berturut-turut berada di posisi kelima dan keenam.

Berikut ini elektabilitas 6 tokoh teratas jika pilpres diselenggarakan pada hari ini:

1. Prabowo Subianto 20,1%
2. Anies Baswedan 14,4%
3. Ganjar Pranowo 13,1%
4. Agus Harimurti Yudhoyono 5,1%
5. Ridwan Kamil 3,8%
6. Sandiaga Uno 3,0%

Simak Video 'Temui Surya Paloh, AHY Belum Bahas soal Figur Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT