Kakorlantas Cek Persiapan Fisik Jalur Mudik Lebaran di Tol Cikampek

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 00:40 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengecek jalur mudik 2022 di Tol Cikampek
Foto: Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengecek jalur mudik 2022 di Tol Cikampek (dok. Korlantas Polri)
Jakarta -

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi meninjau Tol Cikampek untuk mempersiapkan skema arus mudik dan arus balik lebaran. Pengecekan dilakukan di empat titik.

Empat titik itu yakni KM 45, KM 47, KM 69, dan KM 70 Tol Cikampek. Nantinya Korlantas Polri akan berkoordinasi dengan Jasamarga menghadapi arus mudik dan balik.

"Persiapan fisik jalan tol khususnya dan tentunya arteri kita kerjakan lagi setelah ini untuk memastikan nanti cara-cara bertindak apa yang akan kita siapkan buat melayani masyarakat yang akan mudik," kata Firman di Kantor Jasamarga Km 70 Tol Cikampek, Selasa (29/3/2022) malam.

Firman memperkirakan jumlah volume kendaraan di jalan Tol dan arteri akan cukup tinggi. Untuk itu dia nenyebut Korlantas Polri akan terus memantau dan bekerja berdasarkan situasi di lapangan.

"Jadi nanti kita semua bekerja tentu berdasarkan situasi di lapangan. Kami akan siapkan langkah antisipasi tingginya arus mudik seperti manajemen peningkatan kapasitas jalan yaitu menambah ruas jalur yang akan digunakan," ujarnya.

Firman mengungkapkan, nantinya di KM 45, KM 47, KM 69, dan KM 70 tol Cikampek akan dilakukan skema contraflow bahkan one way jika terjadi kemacetan panjang saat mudik dan arus balik. Saat ini, sejumlah persiapan masih terus disesuaikan.

"Jadi ini sekali lagi untuk menambah kapasitas volume jalan untuk bisa dilalui tapi ini baru persiapan-persiapan dimana keluar masuknya, bagaimana pengaturan di pintu tol, semua akan kita cek," ucapnya.

Tak hanya KM 45-70, Jalan Tol Cikampek Selatan (Entrance Sadang) turut dilakukan pengecekan. Jalur ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh.

"Besar harapan kami tentunya persiapan ini dari semua aspek, fasilitas sarpras jalan, kemudian para petugas yang akan kita tempatkan, dan yang lebih penting lagi masyarakat yang akan kita layani juga nanti untuk kerjasama dengan apa yang harus kita terapkan untuk kelancaran arus mudik," tutupnya.

Dalam tinjauan kali ini, Kakorlantas didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan Kaden Wal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Juni.

Simak Video 'Jokowi Izinkan Mudik, Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Segera Booster':

[Gambas:Video 20detik]




(dek/idn)