Aturan Batas Kecepatan Juga Berlaku di Tol Trans Sumatera

ADVERTISEMENT

Aturan Batas Kecepatan Juga Berlaku di Tol Trans Sumatera

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 17:25 WIB
Kendaraan bermotor melewati kawasan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) di kawasan Jl Sudirman, DKI Jakarta.
Ilustrasi e-TLE (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Korlantas Polri memasang kamera e-TLE untuk menindak pengendara yang melebihi batas kecepatan 120 km/jam di ruas tol yang ada di Jawa. Aturan batas kecepatan juga berlaku di Tol Trans Sumatera.

"Betul, jadi kalau seperti di Sumatera itu ada yang tertangkap nomor polisinya B dan nanti itu tetap bisa ditindak, karena kita melakukan e-TLE Nasional Presisi," kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan kepada wartawan, Selasa (29/3/2022).

Aan menyatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pengelola Tol Trans Sumatera dalam penerapan aturan tersebut. Nantinya ada 285 kamera e-TLE yang tersebar di 26 polda.

"Sementara ini yang telah bekerja sama dengan pengelola tol kita ada di jalur Tol Trans Sumatera di Hutama Karya. (Kamera e-TLE) 244 itu tahap pertama, ditambah ada berapa gitu, pokoknya totalnya 285. Itu ada di 26 polda untuk e-TLE," ujar Aan.

Dia mengatakan pengendara yang kedapatan melanggar akan dikirimi surat sesuai dengan alamat yang tertera di STNK. Jika tidak membayar denda yang sudah ditentukan, STNK pelanggar akan diblokir.

"Jadi tidak ada penyitaan, jadi kita punya SOP, tiga hari kita berikan surat konfirmasi, kemudian lima hari dan masyarakat yang dapat itu bisa konfirmasi pelanggarannya dan langsung bayar. Kalau dia tidak bayar, maka langkah berikutnya adalah pemblokiran STNK," paparnya.

"Tidak perlu ke polda, polsek, atau polres. Langsung ke rekening BRI Virtual Account (BRIVA). Jadi, begitu dapat konfirmasi, langsung bayar melalui ATM atau melalui mobile banking," imbuhnya.

Sebelumnya, pengendara yang melintas di jalan tol melebihi batas kecepatan 120 km/jam bakal ditilang mulai April 2022. Korlantas Polri membeberkan sejumlah kamera e-TLE dipasang di titik daerah yang rawan kecelakaan di Jalan Tol Trans-Jawa.

"Iya betul. Jadi sudah ada beberapa titik daerah rawan kecelakaan di Jalan Tol Trans-Jawa sudah terpasang kamera e-TLE yang akan meng-capture pelanggaran kecepatan," ujar Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan saat dimintai konfirmasi, Minggu (27/3).

Aan menjelaskan baru ada tujuh titik yang sudah dipastikan bakal menjadi lokasi penerapan e-tilang. Dia menyebut masih akan mengecek data lengkap mengenai penerapan tilang ini.

"Baru tujuh titik yang statis. Data pastinya saya cek dulu," ujarnya.

Simak video 'Awas Kena Tilang Elektronik di Tol, Segini Batas Kecepatan Maksimalnya':

[Gambas:Video 20detik]

(rak/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT